PENGGUNAAN VIDEO PROMOSI WISATA MELALUI YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN KE PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Ahmad Andhika(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


promosi yang dilakukan melalui media sosial.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1. Untuk mengetahui bagaimana Promosi wisata melalui youtube untuk meningkatkan daya tarik wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selatan, 2. Untuk mengetahui Apa saja hambatanhambatan dalam menggunakan Video promosi wisata melalui youtube untuk meningkatkan daya tarik wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selatan, 3. Untuk mengetahui Bagaimana upaya-upaya untuk mengatasi masalah dalam penggunaan video Promosi wisata melalui youtube untuk meningkatkan daya tarik wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selatan. Tinjauan pustaka yang diambil untuk penelitian ini adalah teori-teori tentang, Komunikasi, Komunikasi Bermedia, Komunikasi Pemasaran, Media Baru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan wawancara kepada 3 orang informan. Hasil penelitian menunjukkan pembuatan video dengan mengemas video dengan konsep dan tema yang menarik dan menampilkan keindahan dari objek wisata unggulan. Video promosi melalui youtube belum terlalu berdampak signifikan terhadap kunjungan wisatawan ke provinsi kalimantan selatan. Penggunaan youtube lebih efektif dari brosur dan leaflet, dilihat dari kemudahan dan efisiensi dalam kegiatan promosi. Kata Kunci : Penggunaan Video Promosi;Youtube;Meningkatkan Daya Tarik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angipora, 2007. Marius P. “Dasar– Dasar

Pemasaran”. Edisi Kedua.

Cetakan Kedua. Jakarta. Penerbit PT.

Raja Grafindo Persada.

Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi.

Jakarta: Ghalia Indonesia.

Effendy, Onong Uchjana, 2004. Ilmu

Teori dan Filsafat Komunikasi.

Bandung : Remaja Rosda Karya.

Gunelius, Susan. 2011. 30 Minutes Sosial Media

Marketing, United States:

McGraw-Hill Companies

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi

Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip –

prinsip pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta :

Erlangga.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen

Pemasaran Jilid 1, edisi Ketiga Belas, Terjemahan

Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit

Erlangga.

Moleong, J. Lexi. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif.

Bandung : Remaja Karya

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran: Sebuah

Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nasrullah, Rully. 2015. Media Sosial. Bandung:

Simbiosa Rekatama Media.

Pavlik, John V. 1998, New Media Technology: Cultural

and Commercial Perspective. Boston: Allyn and

Bacon.

Pribadi, B. 2003. Teori Produksi Film dan Video. Materi

Pelatihan Penulisan Naskah TV/Video

Instruksional.

Pribadi, B. 2003. Rakhmat, Jalaluddin. 2000. Psikologi

Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprapto, Tommy. 2006. Pengantar Teori Komunikasi.

Yogyakarta: Media Pressindo.

Vellas, Francois; Becherel, Lionel. 2008

“Pemasaran Pariwisata Internasional: Sebuah

Pengantar”, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Jurnal

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Ilmu, Teori dan Filsafat

Komunikasi, Bandung : PT. Citra Aditya

Bakti




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v2i2.3515

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.