PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM ASPEK KOMUNIKASI PEMBANGUNAN UNTUK PENGADAAN SARANA AIR MINUM (Studi Pada Warga Penerima Program Yayasan Kaganangan Banua di Desa Sindang Jaya Kecamatan Cintapuri Darussalam Kabupaten Banjar) Mohammad Alfan Nur Setiabudi1)

Muhammad Alfan Nur Setiabudi

Sari


Latar belakang penelitian ini, penulis sangat tertarik dengan proses komunikasi pembangunan yang terjadi di Yayasan Kaganangan Banua.  Proses komunikasi yang dilakukan sangat mempengaruhi kesuksesan dalam pemberdayaan masyarakat tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apa program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan YKB. Bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat dari aspek komunikasi pembangunan yang dilakukan oleh YKB. Bagaimana hasil dan evaluasi dari implementasi program YKB dimasyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dengan observasi lapangan dan wawancara. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sehingga informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Hasil penelitian: program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan YKB. Strategi pemberdayaan masyarakat, dari aspek komunikasi pembangunan yang dilakukan oleh YKB.  Hasil dan evaluasi dari implementasi program YKB dimasyarakat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemberdayaan masyarakat terhadap pengelolaan sarana air minum berbasis masyarakat di Desa Sindang Jaya Kecamatan Cintapuri, Kabupaten Banjar.

 

Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Komunikasi Pembangunan,  Sarana Air Minum

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Harun Rochajat dan Ardianto, Elvinaro 2012. Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial, Perspektif Dominan, Kaji Ulang dan Teori Kritis. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta

Ambar Teguh, Sulistyani. 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Onong Uchjana Effendy. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi, (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti,),

Somad Rismi dan Donni J.P, 2014 Manajemen Komunikasi (Mengembangkan Bisnis Berorientasi Pelanggan), (Bandung: Alfabeta, ),

Cangara Hafied, 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi, ( Rajawali Pers)

Jurnal

Prasojo, Eko, 2004. People and Society Empowerment:Perspektif Membangun Partisipasi Publik., Administrasi Publik

Jurnal Online

Prasodjo, E. 2004. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik. Diunduh dari http://administrasipublik.studentjourn al.ub.ac.id/index.php/jap/article/vie w/340/194 (diakses tanggal 1 November 2018).

Peraturan Perundang Undangan

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2007 Tentang Kader Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta. 2007. Diunduh dari http://portal. mahkamahkonstitusi.go.id/eLaw/dow nload_pdf.php?pdf=No_7_2007.pdf (diakses tanggal 25 November 2018).

Peraturan Menteri Kesehatan No. 416 Tahun 1990 Tentang : Syarat- syarat Dan Pengawasan Kualitas Air. Diunduh dari http://pppl.depkes.go.id/asset/regul asi/55permenkes%20416.pdf (diakses tanggal 4 November 2018).

Refrensi lain

Badan Pusat Statistik. 1995. Diunduh dari http://www.bps.go.id/Subjek/view/id/ 7 (diakses tanggal 4 Januari 2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v2i1.3418

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.