EFEKTIFITAS MEDIA SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI SARANA PUBLIKASI PMI KABUPATEN BANJAR

Naimah Naimah

Sari


Latar belakang dari penelitian ini yaitu karena setiap organisasi memerlukan media yang mampu mempublikasikan berbagai kegiatan kepada masyarakat seperti Facebook. Maka dari itu peneliti mengambil judul penelitian Efektifitas Media Sosial Facebook sebagai Sarana Publikasi PMI Kabupaten Banjar. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apa saja konten yang dipublikasikan oleh PMI Kabupaten Banjar, bagaimana efektifitas media sosial Facebook sebagai sarana publikasi PMI Kabupaten Banjar, apa hal yang paling menarik perhatian para pengguna Facebook yang mengikuti Fanpage PMI Kabupaten Banjar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui konten apa saja yang dipublikasikan oleh PMI Kabupaten Banjar, mengetahui bagaimana efektifitas media sosial Facebook sebagai sarana publikasi PMI Kabupaten Banjar, apa saja yang paling menarik perhatian pengguna Facebook yang mengikuti Fanpage PMI Kabupaten Banjar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian deskriftif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Objek penelitian yaitu anggota Palang Merah Remaja dari MA Hidayatullah dan MA Pangeran Antasari. Dan adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konten yang dipublikasikan oleh PMI  Kabupaten Banjar berupa informasi dan berita kejadian berupa gambar, video maupun artikel,  Facebook memang efektif karena interaksi dapat terjadi tanpa harus bertatap muka serta konten yang dipublikasikan PMI Kabupaten Banjar menghasilkan simulasi sosial dan dapat merubah perilaku pengikutnya.

 

Kata Kunci : Komunikasi Bermedia, Facebook, Publikasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Effendy, Onong Uchjana, 2004. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenadamedia Group..

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Persepektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologo. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Rakhmat, Jalaluddin. 2003. Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparmo, Ludwig. 2011. Aspek Ilmu Komunikasi dalam Marketing Public Relations, Jakarta: PT Indeks.

Suprapto, Tommy. 2006. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Jurnal

Maharani, Mutia Sari. 2017. Efektifitas Facebook dalam Menyebarkan Informasi Pada Komunitas Solo Last Friday Ride. Surakarta: Fakultas Ilmu Bisnis dan Komunikasi, Univ. Sahid Surakarta.

Mutia Rosdiana, H, S.W.E Handayani. 2016. Efektifitas Komunikasi Dalam Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Surakarta. Vol. 14 No. 3 Juli, Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta.

Puspita Sari, M. 2017. Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa FISIP Universitas Riau. JOM FISIP Vol. 4 No. 2, FISIP, Universitas Riau.

Sauyai, Nyaki Everlena, Londa, Nolly, Kalesaran, Edmon Royan. 2017. Manfaat Jejaring Sosial Facebook Bagi Mahasiswa Asal Papua Yang Kuliah di Fispol Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol VI. No. 2 Hal. 3.

Widiasari, Natalia. 2016. Facebook Sebagai Komunikasi Yang Dimediasi Komputer. Vol. 2 No. 5 hal 63-82, Prodi Ilmu Komunikasi, Unika Atma Jaya.

Abror, Fauzan Natinika. 2015. Kelebihan Facebook Sebagai Media Komunikasi Jual Beli Online (Studi Kasus Kualitatif Pemilihan Media Sosial Sebagai Media Jual Beli Online di Kalangan Remaja Usia 12-21 Tahun Pada Group Facebook Forum Jual Beli handphone Cirebon). Yogyakarta, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Adi Wijaya, Mahendra. 2014. Facebook Sebagai Sarana Pertukaran Informasi Fotografi (Studi Deskriptif Kualitatif pada akun Facebook Komunitas Fotografer Jalanan Indonesia). Yogyakarta, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Andriana, D. 2017. Kampanye Sosial di Media Sosial (Studi Kasus Computer Mediated Communication Pada Platform Crowdfunding Kitabisa.com). Jakarta, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pratiwi, D. 2014. Penggunaan Media Sosial dalam Membangun Kohesivitas Internal (Studi Mengenai Penerapan Computer Mediated Communication (CMC) Pada Penggunaan Twitter Dalam Komunitas Nebengers). Depok, FISIP, Universitas Indonesia

Rosely Sitinjak, K. 2012. Strategi Membangun Citra Positif Perusahaan Melalui Publikasi Humas (Studi Pada Teater Imax Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah). Depok, FISIP: Universitas Indonesia.

Sari Rasyidah. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Jenis-Jenis Media Sosial Terhadap Intensitas Belajar PAI Siswa Kelas VIII Di SMP N 3 Karangdowo Klaten tahun pejaran 2016/2017 . Surakarta, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta.

Internet

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/02/08181617/indonesia-pengguna-facebook-terbanyak-ke-4-di-dunia




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v2i1.3414

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.