EFEKTIVITAS IKLAN ONLINE GO-JEK VERSI TATA BERKENDARA BERSAMA GO-JEK PADA KALANGAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI KOTA BANJARMASIN

Noraina Avifah(1*), Sri Andayani(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Efektifitas Iklan Online Go-Jek Versi Tata Berkendara Bersama Go-Jek Pada Kalangan Pengguna Media Sosial Di Kota Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas iklan online Go-Jek, untuk mengetahui apa saja hambatan iklan online Go-Jek dan untuk memahami upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan efektivitas iklan online Go-Jek versi tata berkendara bersama Go-Jek pada kalangan pengguna media sosial di kota Banjarmasin. Metode yang dipakai dalam penelitian dengan cara dideskripsikan dengan pendekatan secara kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara yang diperoleh dari pengguna media sosial di kota Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan online Go-Jek versi tata berkendara bersama Go-Jek pada kalangan pengguna media sosial di Banjarmasin sudah cukup efektif namun ada beberapa faktor yang menghambat terlaksananya efektivitas iklan online Go-Jek yaitu adanya berita negatif tentang Go-Jek, adanya pesaing yang menggunakan transportasi yang sama dan ada strategi Go-Jek yang belum di perbaharui. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan efektivitas iklan online Go-Jek versi tata berkendara bersama Go-Jek pada kalangan pengguna media sosial di kota Banjarmasin adalah memperbaiki citra perusahaan untuk mengubah pemberitaan yang negatif menjadi positif, memperbaharui dan memperbanyak ragam iklan sesuai kalangan serta Go-Jek perlu menambah strategi dalam beriklan dan menambah fitur-fitur baru di aplikasi.

 

 

Kata Kunci: Efektivitas, iklan online dan media sosial


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BUKU :

Effendy, Uchana, Onong. 2012. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung : Remaja Rosdakarya

Ahmadi, Rulan. 2015. Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang : Penerbit Universitas Negeri Malang

Ngalimun. 2007. Ilmu Komunikasi : Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta : PT. Pustaka Baru Press

Soyomukti, Nurani. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media

Abdullah, Ma’ruf. 2017. Manajemen Komunikasi Periklanan. Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Tjiptono. Fandy. 2010. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi.

Durianto, Darmadi. 2012. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek Jakarta : Reneka Cipta

Moleong, J, Lexy. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Steers, Richard M. 2010. Efektivitas Organisasi. Jakarta : Erlangga

Moleong, J, Lexy. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Creswell, John W. 2012. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Pasolong, Harbani. 2013. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung : CV. Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung : CV. Alfabeta

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi Kedua. Yogyakarta : PT Glora Aksara Pratama

JURNAL :

Yuliani Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, 2018

Ninda Puspitasari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012

Kiki Rizkita Putri Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung Bandar Lampung, 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v1i2.3412

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.