STRATEGI PUBLIC RELATIONS ELITA KERUDUNG DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA ”ELITA YOUR PASSION MATE”

Dhila Safira Maytarani(1*), Riski Apriliani(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Penampilan merupakan salah satu kepercayaan diri dan representasi untuk menunjukan kepribadian seseorang. Hal tersebut menjadi faktor utama dari bertambah banyaknya brand fashion di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya brand spesialisasi  kerudung yaitu elita kerudung, yang didirikan sejak tahun 2012 dan mampu bertahan hingga sampai saat ini. Dengan bertahannya elita kerudung di tengah banyaknya persaingan brand  fashion muslim di Indonesia, tentunya menjadi tugas dari Public Relations perusahaan dalam melakukan branding dan mempertahankan strategi komunikasi agar citra sebagai brand fashion muslim di Indonesia yang mengusung konsep ”ELITA YOUR PASSION MATE” agar tetap terjaga. Penelitian dilakukan untuk menemukan hasil dari strategi yang digunakan Public Relations elita kerudung untuk mempertahankan citra perusahaan. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, sekaligus dengan metode studi kasus guna untuk menghasilkan penelitian dengan deskripsi yang secara jelas berdasarkan penelitian yang dilakukan. Pengumpulan data secara primer dilakukan dengan cara wawancara bersama pihak Public Relations Elita kerudung, dua karyawan, dan tiga customer.  Sedangkan data sekunder melalui observasi, dokumentasi dan jurnal-jurnal terkait. Teknik analisis data penelitian akan mengikuti model analisis data dari Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan berupa verifikasi. Serta untuk menguji keakuratan data yang didapat dari penelitian ini yaitu dengan triangulasi sumber. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa elita kerudung ingin melakukan penyegaran dengan memutuskan untuk melakukan rebranding mengingat usia brand mempengaruhi daya minat beli serta elita kerudung tidak hanya ingin membersamai tetapi juga ingin perempuan aktif lebih percaya diri dalam mengidentifikasi dan mengekspresikan diri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afnan, D., & Fathurrohman, F. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Jurnal Soshum Insentif, 8–17. https://doi.org/10.36787/JSI.V3I1.199

Anggraeni, V. R., & Suhermin, S. (2022). Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan di Masa Pandemi (Studi Kasus pada PT Vale Indonesia Tbk). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 11(7). https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4745

Anissa, N. (2016). Strategi Public Relations RRI Jakarta Dalam Mempertahankan Citra Lembaga RRI Jakarta. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33692

Ardianto, R. P. (2024). Strategi Komunikasi Public Relations PT.Telkom Indonesia TBK di Jakarta dalam Menjaga Citra Perusahaan. Konsensus : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 1(5), 65–70. https://doi.org/10.62383/KONSENSUS.V1I5.372

Claretta, D., Putri, E. P., Yuniati, L., & Rahmawati, I. (2022). Strategi Public Relations Teh Villa Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 2(1), 172–179. https://doi.org/10.47233/JKOMDIS.V2I1.280

Febriani, T. (2022). Pengaruh Kredibilitas Social Media Influencer (SMI) terhadap Kesadaran Merek Produk Pangan Olahan: Studi pada Produk Beras “Fortivit” Perum BULOG. Jurnal Pangan, 31(3), 233-248–233 – 248. https://doi.org/10.33964/JP.V31I3.619

Febriani, T., Rahmanto, A. N., & Naini, A. M. I. (2022). Social Media Influencer as Marketing Communication of “FORTIVIT” Rice from Perum BULOG. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 6(1), 56–69. https://doi.org/10.20961/IJSASCS.V6I1.69935

haeril, haeril, Mas’ud, M., & Irfadat, T. (2020). Peran Humas DPRD Dalam Menjaga Kinerja Dan Citra DPRD (Studi Pada Dprd Kabupaten Bima). Journal of Government and Politics (JGOP), 2(2), 153–165. https://doi.org/10.31764/JGOP.V2I2.3138

Humairah, S. (2019). Strategi Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Bengkulu). Repository.Iainbengkulu.Ac.Id.

Kriyantono, R., & Rakhmawati, F. (2020). A Qualitative Research on the Use of Fashion for Public Relations Practitioners as a Presentation of Self-image. Soshum: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 10(1), 10–22. https://doi.org/10.31940/SOSHUM.V10I1.1446

Latifa, A., & Setiawan, B. (2019). Strategi Public Relations Radio Geronimo Yogyakarta dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Mediator: Jurnal Komunikasi, 12(2), 189–198. https://doi.org/10.29313/MEDIATOR.V12I2.4897

Lengkong, S. L., Sondakh, M., & Londa, J. W. (2017). Strategi public relations dalam pemulihan citra perusahaan (studi kasus rumah makan kawan baru megamas manado). Acta Diurna Komunikasi, 6(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15493

Oktarina, A. (2019). Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif Dprd Kabupaten Rejang Lebong. E-Theses.Iaincurup.Ac.Id.

Purwo, R. H. S., & Puspasari, D. (2020). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 458–467. https://doi.org/10.26740/JPAP.V8N3.P458-467

Putri, N. A. S., Sulma, N. Y., & Pranoto, P. A. (2023). Peran Public Relations dalam Membangun Komunikasi dengan Publik Internal pada PT Indonesia Power Priok POMU. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 200–209. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3512

Putri, N. R., & Drajat, M. S. (2022). Kegiatan Marketing Public Relations PT. X Bandung pada Program “Komunitas Siap Gerak.” Jurnal Riset Public Relations, 23–30. https://doi.org/10.29313/JRPR.VI.753

Rahmawati, S. A., Setianti, Y., & Lukman, S. (2019). Strategi Marketing Public Relations Checo Café Resto. Komunikatif : Jurnal Ilmiah Komunikasi, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.33508/JK.V8I1.1981

Raturahmi, L., S.Y, R. U. D., & Meisani, S. (2021). Strategi Komunikasi PT.Pos Indonesia Dalam Meningkatkan Reputasi Perusahaan. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.51977/JDIGITAL.V3I1.415

Sartika, S., & Rachmat, I. (2023). Strategi Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perusahaan pada PT. Telkomsel Tbk. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(2), 199–215. https://doi.org/10.59188/JURNALSOSAINS.V3I2.698

Susanti, D. E., Rahmanto, A., & Wijaya, M. (2022). Public Relations Strategy in Maintaining a Positive Reputation in the Digital Age. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(1), 477–485. https://doi.org/10.18415/IJMMU.V9I1.3386

Susilowati, S., Armelsa, D., & Duneti, D. (2022). Strategi Hubungan Masyarakat Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI) Dalam Membentuk Citra Positif. Jurnal Public Relations (J-PR). http://103.75.24.116/index.php/jpr/article/view/1009

Tantina, N. P., & Alfikri, M. (2022). The Company Practice Strategy In Developing Work Relationships With Employees At PT. Bakrie North Sumatra Plantations Asahan District. Legal Brief, 11(3), 1676–1689. https://doi.org/10.35335/LEGAL.V11I3.382

Topan, D. A., & Widiasanty, G. (2022). Strategi Marketing Public Relations Urban Republic Dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.32509/PUSTAKOM.V5I1.1755

Tyasari, A. A., & Ruliana, P. (2021). Model Komunikasi Coorporate dalam Membangun Citra Perusahaan. Caraka : Indonesia Journal of Communication, 2(1), 27–42. https://doi.org/10.25008/CARAKA.V2I1.54

Wibowo, A., Syahputra, S., & Susanto, R. D. (2021). Strategi Komunikasi Korporat Dalam Upaya Peningkatan Komunikasi Internal Dan Citra Perusahaan. Lugas Jurnal Komunikasi, 5(2), 125–132. https://doi.org/10.31334/LUGAS.V5I2.1871

Wiryawan, A. M., & Razak, R. (2021). Analisis Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Pt Pos Indonesia (persero). EProceedings of Management, 8(5). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16584

Yudhayani, S. (2024). Strategi Public Relations Forum Kampung Bahasa Dalam Membangun Citra Kampung Inggris Pare. Etheses.Iainkediri.Ac.Id.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v7i2.16898

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.