Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Personal Branding dalam Membangun Citra Positif Generasi Z
(1) Universitas Amikom Yogyakarta
(2) Universitas Amikom Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Sari
Generasi Z, merupakan Generasi yang lahir antara tahun 1995 hingga 2010, tumbuh dalam era perkembangan digital yang mendorong kecakapan teknologi dan komunikasi yang tinggi. Dengan karakteristik yang progresif, Generasi Z lebih memiliki kecenderungan untuk terbuka terhadap budaya dan peduli terhadap lingkungan. Mereka juga sering mengalami masalah kesehatan mental akibat paparan media sosial yang intens sehingga mendapatkan citra yang buruk. Penelitian ini menganalisis bagaimana Generasi Z membangun personal branding di Instagram sebagai citra positif, menggunakan tiga prinsip utama: kekhasan, keterkaitan, dan konsistensi. Melalui observasi terhadap tiga influencer Generasi Z @jharnabhagwani, @Medyrenaldy, dan @Bellatanesiaa, ditemukan bahwa mereka sangat efektif dalam menggunakan platform media sosial instagram ini untuk menciptakan sebuah citra diri yang positif dan identitas diri yang unik. Jhana Bhagwani menonjolkan diri sebagai beauty vlogger, Medy Renaldy sebagai kolektor mainan action figure, dan Bella Kuku Tanesia sebagai food vlogger, masing-masing dengan karakteristik dan audiens yang spesifik.Pada penelitian ini menunjukan bahwa konsistensi dalam memposting konten yang relevan dan khas sangat penting dalam menciptakan sebuah personal branding seseorang yang kuat. Temuan ini memperkuat pemahaman tentang bagaimana Generasi Z memanfaatkan media sosial Instagram untuk membangun sebuah identitas diri yang positif dan bisa memberikan wawasan mengenai strategi personal branding yang efektif dalam konteks digital saat ini.
Kata Kunci: Citra Positif; Generasi Z; Influencer;Instagram; Media Sosial; Personal Branding.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al-Araf, Khairunnisa, Ade Irfan Abdurrahman, and Alamsyah. 2024. “Pengaruh Mediamorfosis Terhadap Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Dalam Pengungkapan Diri Pada Kalangan Generasi Z Di Kota Tangerang Selatan.” 6(2).
Amartha, Team. 2021. “6 Citra Negatif Yang Melekat Pada Generasi Z.” Amartha. Retrieved (https://amartha.com/blog/pendana/money-plus/6-citra-negatif-yang-melekat-pada-generasi-z/).
Arviani, Kiki Dwi, K. Y. S. Putri, and Nada Arina Romli. 2023. “Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Brand Awareness Produk Lokal Erigo Apparel.” Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique 5(2):216–24.
Atika, Afifah, and Taufan Teguh Akbari. 2024. “Analisis Komunikasi Interpersonal Dalam Proses Mentor Untuk Meningkatkan Citra Diri Anak Remaja Panti Asuhan Kegiatan Bimbingan.” 7(September):1–23.
Bouman, J. 2023. “Deretan 35 Influencer Indonesia Populer Dari Berbagai Niche.” Blog.Slice.Id. Retrieved September 6, 2024 (https://www.blog.slice.id/blog/deretan-35-influencer-indonesia-populer-dari-berbagai-niche).
Divaliani, Elvaretta Saskia, and Taufiq Furqon Nurhakim. 2024. “Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Postingan Ulang Pada Aplikasi Tiktok.” Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi 7(1):74–84. doi: 10.31602/jm.v7i1.14680.
Efrida, Sella, and Anisa Diniati. 2020. “Pemanfaatan Fitur Media Sosial Instagram Dalam Membangun Personal Branding Miss International 2017.” Jurnal Kajian Komunikasi 8(1):57. doi: 10.24198/jkk.v8i1.23365.
Fadli, dr. Rizal. 2024. “Ini 5 Alasan Gen Z Lebih Rentan Terhadap Gangguan Mental.” Halodoc. Retrieved (https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-alasan-gen-z-lebih-rentan-terhadap-gangguan-mental?srsltid=AfmBOop0CMvzFf-j56dt4jHs9SYzWq2VIf1pcyJsXeW9bKN_tfyp2q8i).
Haroen, Dewi. 2014. PERSONAL BRANDING. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Insitut Takzia. 2023. “Citra Diri Dalam Psikologi.” Insitut Takzia News. Retrieved (https://tazkia.ac.id/en/berita/populer/468-citra-diri-dalam-psikologi).
Liedfray, Tongkotow, Fonny J. Waani, and Jouke J. Lasut. 2022. “Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara.” Jurnal Ilmiah Society 2(1):2.
Mita, Tiara. 2022. “Strategi Selebgram Dalam Membangun Personal Branding Melalui Pengelolaan Akun Instagram.” Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema 4(2):130–40. doi: 10.24076/pikma.v4i2.594.
Montoya, Peter. 2009. THE BRAND CALLED YOU Create a Personal Brand That Wins Attention and Grows Your Business.
Syihabuddin, Achmad Mutawakkil, and Totok Wahyu Abadi. 2024. “ANALISIS PERILAKU KOMUNIKASI PENGGUNA MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Bisnis, Hukum, Dan Ilmu Sosial UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO).” Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi 7(1):33–41. doi: 10.31602/jm.v7i1.13816.
Wibowo, Hery. 2007. Fortune Favors The Ready. Bandung : OASE Mata Air Makna.
Wijayanti, Anggi Ayu, Nadine Syandhana, Sovira Hikari, Luna Shinkoo, and Riska Andi Fitriono. 2022. “Peran Pancasila Di Era Globalisasi Pada Generasi Z.” Jurnal INTELEKTIVA 4(1):29–35.
Wisnuadi, Krisno. 2024. “Faktanya Beda! Survey 2024 Media Sosial Di Indonesia.” Blog DiPStrategy Digital Agency Jakarta – Indonesia. Retrieved (https://dipstrategy.co.id/blog/statistik-media-sosial-berdasarkan-generasi-di-indonesia/).
Yusanda, Awallina, Rini Darmastuti, and George Nicholas Huwae. 2021. “STRATEGI PERSONAL BRANDING MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Analisis Isi Pada Media Sosial MahasiswaUniversitas Kristen Satya Wacana).” Scriptura 11(1):41–52. doi: 10.9744/scriptura.11.1.41-52.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v7i2.16578
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.