ANALISIS ADAPTIVE STRUCTURATION THEORY TERHADAP PENGGUNAAN WHATSAPP GROUP (Studi pada Pegawai Transmart Buah Batu)

Shofira Nur Aliya Pradashanti(1*), Kismiyati El Karimah(2), Putri Trulline(3)

(1) Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
(2) Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
(3) Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Sari


Penggunaan media komunikasi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam menunjang suatu organisasi untuk dapat mencapai tujuannya. WhatsApp group merupakan sebuah teknologi komunikasi yang digunakan oleh pegawai Transmart Buah Batu sebagai media komunikasi utama. Transmart Buah Batu sebagai perusahaan retail perlu untuk menilai apakah penggunaan WhatsApp group sebagai media komunikasi utama sudah tepat dan efektif sebagai media komunikasi antar pegawai. Untuk mengetahui hal tersebut, diperlukan analisis menggunakan Adaptive Structuration Theory (AST). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Melalui penelitian ini, didapati bahwa WhatsApp group cukup  efektif dan efisien dalam penggunaannya sehingga memiliki dampak positif bagi para pegawai Transmart Buah Batu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andjani, A., Ratnamulyani, I., & Kusumadinata, A. (2018). PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI WHATSAPP TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA KARYAWAN. Jurnal Komunikatio, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1211

Diardo Luckandi. (2019). ANALISIS TRANSAKSI PEMBAYARAN MENGGUNAKAN FINTECH PADA UMKM DI INDONESIA: PENDEKATAN ADAPTIVE STRUCTURATION THEORY. Jurnal Infrormatika Dan Komputer (JIKO), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.26798/jiko.2019.v4i1.126

Lipi, R. (2019). “WHATSAPP” MEDIA KOMUNIKASI EFEKTIF MASA KINI (STUDI KASUS PADA LAYANAN JASA INFORMASI ILMIAH DI KAWASAN PUSPIPTEK. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 21(2), 147–156. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v21i2.552

Miles, M. B., & A. Michael Huberman. (1984). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications, Incorporated.

Morissan. (2009). Teori Komunikasi Organisasi (1st ed.). Ghalia Indonesia.

Nadya Wahyuni. (2018). PERAN PENGGUNAAN GRUP WHATSAPP DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN. Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.31602/jm.v1i2.3411

Octora, S. (2023). Literature review: Implementasi adaptive structuration theory serta relevansinya pada manajemen sumber daya manusia. Jurnal Produktivitas, 10(01), 242–247. http://dx.doi.org/10.29406/jpr.v10i1.5405

Olivia, H., & Setyawan, T. (2020). Pola Komunikasi Melalui Media Whatsapp sebagai Sumber Informasi Karyawan Bagian Operasional di PT Artisan Wahyu. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 7(2). https://doi.org/10.31294/kom.v7i2.8941

Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Rachmat Kriyantono. (2006). Teknik praktis riset komunikasi : disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. (1st ed.). Kencana.

Rizaty, M. (2024, February 9). Data Jumlah Pengguna Media Sosial di Dunia pada Januari 2021-Januari 2024. Dataindonesia.id. https://dataindonesia.id/internet/detail/data-jumlah-pengguna-media-sosial-di-dunia-pada-januari-2021januari-2024

We Are Social. (2023, January 26). Digital 2023. We Are Social Indonesia; Sofiamaddalena. https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/

WhatsApp. (2024). WhatsApp. WhatsApp.com. https://www.whatsapp.com/

Yuwafik, M., & Muhid, A. (2020). PENGGUNAAN GRUP WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI REMAJA ISLAM WONOREJO MALANG. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(02). https://doi.org/10.35905/komunida.v10i02.1411




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v7i2.15362

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.