Pemberdayaan Lansia Uma Oma Cafe Sebagai Diferensiasi Pemasaran Menjadi Emotional Branding Rindu Kampung Halaman
(1) LSPR Institute of Communication & Business
(2) LSPR Institute of Communication & Business
(*) Corresponding Author
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdi, A., Hariyanto, T., & Ardiyani, V. (2017). Aktivitas lansia berhubungan dengan status kesehatan lansia di posyandu Permadi kelurahan Tlogomas kecamatan Lowokwatu kota Malang. Nursing News, 2(3). https://doi.org/10.33366/nn.v2i3.650
Afiyati, Murni, S., & Haryadi, P. (2019). Keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada pengaruh strategi diferensiasi dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis umkm di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA) , 21(3). http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/viewFile/1383/1416
Alpitasari, S. F. (2023, May 28). HLUN 2023: Jumlah Lansia di DKI Jakarta Mencapai 1.083.720 Jiwa. https://mediaindonesia.com/megapolitan/584721/hlun-2023-jumlah-lansia-di-dki-jakarta-mencapai-1083720-jiwa
Andriyani, W., & Mumpuni Yuniarsih, S. (2020). Literature Review : faktor-faktor yang berhubungan dengan kemandirian lansia dalam melakukan activity daily living. Nursing Sciences Journal, 4(2), 15–30. https://doi.org/10.30737/nsj.v4i2.1019
Anjani, Y. S., & Nur, H. (2022). Pemberdayaan lansia dalam perekonomian di masa pandemi di kelurahan Sidodadi. Mando Care Jurnal, 1(2), 45–52. https://doi.org/10.55110/mcj.v1i2.70
Ardianto, E. (2016). Metodologi penelitian untuk public relations kuantitatif dan kualitatif. Simbiosa Rekatama Media.
Armiyati, Y., Soesanto, E., & Hartiti, T. (2014). Pemberdayaan kader posbindu lansia sebagai upaya peningkatakn kualitas hidup lansia di desa Kangkung Demak. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/1232/1285
Azzahra, D. (2023, September 28). Nongkrong di Uma Oma Cafe, serasa liburan di rumah nenek. IDN Times. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/dhiya-azzahra/nongkrong-di-uma-oma-cafe-serasa-liburan-di-rumah-nenek?page=all
Bungin, B. (2011). Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan politik dan ilmu sosial lainnya. Prenada Media Grup.
Creswell, J. W. , & Creswell, J. D. (2018). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications Incorporated.
Egan, J. (2020). Marketing communications third edition. SAGE Publications Ltd.
Ekasari, M. F. , Riasmini, M. , & Hartini, T. (2018). Meningkatkan kualitas hidup lansia konsep dan berbagai intervensi. Wineka Media.
Febriansyah, P., Aromatika, D., & Koeswara, H. (2023). Pemberdayaan lanjut usia melalui inovasi gerakan lansia produktif. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Sosial, 12(1), 2354–7693. https://doi.org/10.35724/sjias.v3i2.
Ferdinand, A. (2003). Keunggulan diferensiasif dan kinerja pemasaran. Jurnal Bisnis Strategi, 12(8). https://doi.org/0.14710/jbs.12.8.1-18
Gobe, M. (2010). Emotional branding: The New Paradigm for Connecting Brands to People. . Allworth.
Indrayogi, Priyono, A., & Asyisya, P. (2022). Peningkatan kualitas hidup lansia melalui pemberdayaan lansia produktif, gaya hidup sehat dan aktif. Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE), 3(1), 185–191. https://doi.org/10.34010/ICOMSE.V3I2.6493
Irianto, A., & Marna, J. (2020). Pemberdayaan lansia melalui pelestarian lingkungan hidup di kelurahan air tawar barat kota Padang. Journal of Community Service, 2(2). https://doi.org/10.51601/ijcs.v2i2
Issalillah, F., & Aisyah, N. (2022). The Elderly and the Determinants of Stress. Journal of Social Science Studies, 2(1), 9–12. https://doi.org/doi.org/10.56348/jos3.v2i1.19
Istimewa. (2022, February 26). Indonesia perlu bersiap hadapi aging-population. Kemenko PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/indonesia-perlu-bersiap-hadapi-aging-population
K, F., Hamsah, I., & M, A. (2020). Gambaran nutrisi lansia di desa benua baru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada (JIKSH), 9(1), 1–7. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.193
Kotler, P. , & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing 16’ edition. Pearson Education.
Novita, J., & Winduwati, S. (2021). Marketing Communication Strategy of Sunyi House of Coffee and Hope in Branding Image as a Difabel Friendly Cafe. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.113
Permana, B., Wisadirana, D., & Mardiyono. (2014). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Inovasi Ekonomi Kreatif Dalam. Wacana, 17(4). https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/issue/view/47
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu pada era media sosial. CV Pustaka Setia.
Puspitasari, R., & Arsiyah. (2015). Peran pemerintah dalam pemberdayaan lanjut usia di kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kebijakan & Manajemen Publik (JKMP), 3(2). https://doi.org/10.21070/jkmp.v3i2.192
Putri, D. (2021). Hubungan fungsi kognitif dengan kualitas hidup lansia. Jurnal Inovasi Penelitian (JIP), 2(4). https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.835
Rachmawati, S., & Muhtadi. (2020). Strategi pemberdayaan soft skills penyandang disabilitas di deaf cafe and car wash Cinere Depok Jawa Barat. JURNAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, 8(2). https://doi.org/10.37064/jpm.v8i2.8275
Rohmah, A., Purwaningsih, & Bariyah, K. (2012). KUALITAS HIDUP LANJUT USIA Quality of Life Elderly. Jurnal Keperawatan, 3(2), 120–132. https://doi.org/doi.org/10.22219/jk.v3i2.2589
Rokom. (2019, July 5). Indonesia Masuki Periode Aging Population. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20190704/4530734/indonesia-masuki-periode-aging-population/
Rosyidah, M., & Fijra, R. (2021). Metode penelitian. Deepublish CV Budi Utama.
Sembodo, T. H. (2021). Upaya Pemberdayaan Masyarakat pada Lansia dalam Pembangunan Kesehatan di Indonesia Community Empowerment Efforts for the Elderly in Health Development in Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28628.53129
Sharma, K. (2022). Emotional marketing on consumer behaviour perception study. International Journal on Customer Relations, 10(2). http://publishingindia.com/ijcr/
Silver, M. (2020). Retirement and Its Discontents Why We Won’t Stop Working, Even If We Can. Columbia University Press.
Suharto, E. (2014). Membangun masyarakat, memberdayakan rakyat: kajian strategis pembangunan kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial. PT Refika Aditama.
Suyanto. (2017). Pemberdayaan lansia melalui usaha ekonomi produktif oleh Bina Keluarga Lansia (BKL) Mugi Waras di kabupaten Sleman. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 2580–2863. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.011-10
Tampi, N. (2015). Analisis strategi diferensiasi produk, diferensiasi layanan dan diferensiasi citra terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasan (studi pada PT Telkomsel Grapari Manado). EMB: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(4). https://doi.org/10.35794/emba.3.4.2015.10585
Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran edisi 4. Andi.
Tsubouchi, Y., Yorozuya, K., Tainosyo, A., & Naito, Y. (2021). A conceptual analysis of older adults’ empowerment in contemporary japanese culture. BMC Geriatrics, 21(1). https://doi.org/10.1186/s12877-021-02631-x
Ulfa, M. (2023, May 31). Pentingnya Kebijakan Sosial Ramah Lansia untuk Pembangunan Berkelanjutan. https://greennetwork.id/ikhtisar/pentingnya-kebijakan-sosial-ramah-lansia-untuk-pembangunan-berkelanjutan/
Undang Undang Kesejahteraan. (1998). Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Lembaran RI Tahun 1998. https://peraturan.bpk.go.id/Details/45509/uu-no-13-tahun-1998
Wahyuni, N., Munawwarah, M., Yolanda, M., Amir, T. L., Fisioterapi, F., Unggul, E., Jalan, J., Utara Nomor, A., & Jeruk, K. (2021). Hubungan senam vitalisasi otak terhadap daya ingat jangka pendek pada wanita lansia (usia 60-70 tahun). Indonesian Journal of Physiotherapy, 1(2), 49–54. https://doi.org/10.52019/ijpt.v1i2.2970
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v7i2.15119
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.