Penggunaan Aplikasi Warung Pintar Sebagai Media Digital dalam Upaya Mendukung UMKM
(1) Institusi Komunikasi dan Bisnis LSPR
(*) Corresponding Author
Sari
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui model bisnis digital dapat dijalankan dalam mendukung UMKM melalui karakteristik new media yaitu Digital, Interaktif, Hiperteks, Jaringan, Virtual, dan Simulasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, studi kepustakaan, dan internet. Informan pada penelitian ini adalah seorang pengguna Warung Pintar. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil pada penelitian ini menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi Warung Pintar sebagai media bisnis digital dikatakan sebagai suatu cara yang efektif dalam mengelola UMKM. Aplikasi Warung Pintar pun memungkinkan penggunanya untuk memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut dengan maksimal. Sesuai dengan tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui model bisnis digital dapat dijalankan dalam mendukung UMKM, aplikasi Warung Pintar telah memenuhi karakteristik new media yaitu Digital, Interaktif, Hiperteks, Jaringan, Virtual, dan Simulasi.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aisyah, Y. & Oktaviani, R. C. (2018). Pemanfaatan
Media Online Beritajakarta.id Dalam Publikasi Program Kerja Pemprov DKI Jakarta. Jurnal Avant Garde, 6(2), 42-56. DOI: http://dx.doi.org/10.36080/avg.v6i2.759
Akbar, M. A., & Alam, S. N. (2020). E-Commerce
Dasar Teori dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.
Arnetta. (2022). Bergabung di Warung Pintar,
Belanja Stok Warung Gampang! : belanja stok warung lebih gampang dengan cara bergabung di Warung Pintar. Diakses melalui: https://dailysocial.id/post/cara-bergabung-warung-pintar#:~:text=Tentang%20Warung%20Pintar%20Warung%20pintar%20adalah%20platform%20digital,harga%20yang%20kompetitif%20tanpa%20harus%20pergi%20keluar%20rumah
Avriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis Di
Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi Pada UKM Yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong). PubBis (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis), 5(1), 60–73. DOI: https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380
Effendi, B. (2020). Pengawasan dan Penegakkan
Hukum Terhadap Bisnis Digital (E-Commerce) Oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Dalam Praktek Persaingan Usaha Tidak Sehat. Syiah Kuala Law Journal, 4(1), 21–32. Diakses melalui: http://e-repository.unsyiah.ac.id/SKLJ/article/view/16228/12330
Hariyanto. (2022). Sukses Berbisnis Warung dengan
Aplikasi Warung Pintar. Diakses melalui: https://ajaib.co.id/sukses-berbisnis-warung-dengan-aplikasi-warung-pintar/#:~:text=Di%20aplikasi%20Warung%20Pintar%2C%20pemilik%20usaha%20bisa%20memonitor,barang%20akan%20membuat%20warung%20bisa%20kehilangan%20potensi%20pelanggan.
Harmayanti, Marpaung, D., Hamzah, A., Mulyani, N.,
& Hutahaenan, J. (2020). E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis. Diakses melalui: https://ajaib.co.id/sukses-berbisnis-warung-dengan-aplikasi-warung-pintar/#:~:text=Di%20aplikasi%20Warung%20Pintar%2C%20pemilik%20usaha%20bisa%20memonitor,barang%20akan%20membuat%20warung%20bisa%20kehilangan%20potensi%20pelanggan
Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., Grant, I., & Kelly,
K. (2009). New Media A Critical Introduction Second Edition. Routledge.
Mahdi, M. I. (2022). Berapa Jumlah UMKM di
Indonesia?. Diakses melalui: https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia
McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory
(6th ed.). SAGE.
McQuail, D. (2011). McQuail Mass Communication
(6th ed). SAGE.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha
Mikro Kecil Dam Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1). https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/627
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v6i1.10447
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.