Penggunaan Aplikasi Warung Pintar Sebagai Media Digital dalam Upaya Mendukung UMKM

Hania Adiva Perpati(1*)

(1) Institusi Komunikasi dan Bisnis LSPR
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui model bisnis digital dapat dijalankan dalam mendukung UMKM melalui karakteristik new media yaitu Digital, Interaktif, Hiperteks, Jaringan, Virtual, dan Simulasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, studi kepustakaan, dan internet. Informan pada penelitian ini adalah seorang pengguna Warung Pintar. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil pada penelitian ini menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi Warung Pintar sebagai media bisnis digital dikatakan sebagai suatu cara yang efektif dalam mengelola UMKM. Aplikasi Warung Pintar pun memungkinkan penggunanya untuk memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut dengan maksimal. Sesuai dengan tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui model bisnis digital dapat dijalankan dalam mendukung UMKM, aplikasi Warung Pintar telah memenuhi karakteristik new media yaitu Digital, Interaktif, Hiperteks, Jaringan, Virtual, dan Simulasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, Y. & Oktaviani, R. C. (2018). Pemanfaatan

Media Online Beritajakarta.id Dalam Publikasi Program Kerja Pemprov DKI Jakarta. Jurnal Avant Garde, 6(2), 42-56. DOI: http://dx.doi.org/10.36080/avg.v6i2.759

Akbar, M. A., & Alam, S. N. (2020). E-Commerce

Dasar Teori dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.

Arnetta. (2022). Bergabung di Warung Pintar,

Belanja Stok Warung Gampang! : belanja stok warung lebih gampang dengan cara bergabung di Warung Pintar. Diakses melalui: https://dailysocial.id/post/cara-bergabung-warung-pintar#:~:text=Tentang%20Warung%20Pintar%20Warung%20pintar%20adalah%20platform%20digital,harga%20yang%20kompetitif%20tanpa%20harus%20pergi%20keluar%20rumah

Avriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis Di

Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi Pada UKM Yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong). PubBis (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis), 5(1), 60–73. DOI: https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380

Effendi, B. (2020). Pengawasan dan Penegakkan

Hukum Terhadap Bisnis Digital (E-Commerce) Oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Dalam Praktek Persaingan Usaha Tidak Sehat. Syiah Kuala Law Journal, 4(1), 21–32. Diakses melalui: http://e-repository.unsyiah.ac.id/SKLJ/article/view/16228/12330

Hariyanto. (2022). Sukses Berbisnis Warung dengan

Aplikasi Warung Pintar. Diakses melalui: https://ajaib.co.id/sukses-berbisnis-warung-dengan-aplikasi-warung-pintar/#:~:text=Di%20aplikasi%20Warung%20Pintar%2C%20pemilik%20usaha%20bisa%20memonitor,barang%20akan%20membuat%20warung%20bisa%20kehilangan%20potensi%20pelanggan.

Harmayanti, Marpaung, D., Hamzah, A., Mulyani, N.,

& Hutahaenan, J. (2020). E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis. Diakses melalui: https://ajaib.co.id/sukses-berbisnis-warung-dengan-aplikasi-warung-pintar/#:~:text=Di%20aplikasi%20Warung%20Pintar%2C%20pemilik%20usaha%20bisa%20memonitor,barang%20akan%20membuat%20warung%20bisa%20kehilangan%20potensi%20pelanggan

Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., Grant, I., & Kelly,

K. (2009). New Media A Critical Introduction Second Edition. Routledge.

Mahdi, M. I. (2022). Berapa Jumlah UMKM di

Indonesia?. Diakses melalui: https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia

McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory

(6th ed.). SAGE.

McQuail, D. (2011). McQuail Mass Communication

(6th ed). SAGE.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha

Mikro Kecil Dam Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1). https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/627

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v6i1.10447

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.