Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI

Dessy Noor Ariani

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pengertian kemampuan komunikasi matematis siswa, peran guru dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SD/MI, bentuk soal matematika untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa SD/MI, dan strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan komunikasi matematis siswa SD/MI. Metode: Tulisan ini merupakan kajian pustaka tentang strategi  meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SD/MI. Hasil: 1) Kemampuan komunikasi matematika adalah kemampuan dalam menyampaikan ide matematika, baik secara lisan maupun tulisan serta kemampuan memahami dan menerima ide matematika orang lain secara cermat, analisis, kritis, dan evaluatif untuk mempertajam pemahaman; 2) Peran guru dalam mengembangkan komunikasi matematis siswa SD/MI meliputi: a) merancang pembelajaran yang dapat meningkatkan intensitas interaksi guru dengan siswa dan antar siswa, b)  memberikan motivasi kepada siswa, c)  menyeleksi tugas-tugas yang akan diberikan, dan d) mengukur kemampuan matematis siswa dengan pemberian soal uraian; 4) Strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa SD/MI adalah: a) Strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write; b) Strategi pembelajaran interaktif; c) Strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tour-Tournaments; d) Pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR); dan e) Pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

 

English

Introduction:  The purposes of this article are to explain understanding of students’ mathematical communication skills, the teachers’ role to improve students' mathematical communication skills in elementary school, design of mathematical question form to improve mathematical communication in elementary school, the strategies to improve mathematical communication skill in elementary school. Method: This paper is library research to know  strategies improving mathematical communication skill in elementary school. Results: 1) The mathematical communication skill is the ability to present mathematical ideas, both orally and in writing and the ability to understand and accept other people's mathematical ideas carefully, analytically, critically and evaluatively for building mathematical knowledge; 2) The teachers’ role in developing mathematical communication of elementary students are: a) designing methods, approaches, and strategies that increase the intensity of teacher interaction with students and among students, b)  giving motivation to students, c)  selecting the tasks, and d) measuring students' mathematical communication ability by giving essay task; 5) Strategies to improve mathematical communication skills in elementary school are: a) cooperative learning strategy type think-talk-write; b) interactive learning strategy; c) Cooperative Teams-Games-Tour-Tournaments Cooperative Learning Strategy; d)  Realistic mathematics education (RME)  approach; and e) Problem Based Learning (PBL) approach.


Keywords


Kemampuan Komunikasi; Matematika; Sekolah Dasar; Madrasah Ibtidaiyah

References


Anisa, W. N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1).

Ansari, B. I. 2012. Komunikasi Matematik dan Politik. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Asnawati, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Gamestournaments. Euclid, 3(2).

Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Statistika Elementer melalui Problem Based-Learning. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2).

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 7(1), 9-18.

Kadir. 2008. Kemampuan Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pp. 339-350. UNY: Yogyakarta.

Kurnia, R. D., Noer, S. H., & Coesamin, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 4(7).

National Cauncil of Teacher of Mathematics. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nazra, A. 2017. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika dalam rangka Membangun Karakter Siswa. Makalah yang Disajikan pada Acara Seminar Pekan Seni Bermatematika, HIMATIKA, UNAND, Padang, 9 Februari 2017

Permendiknas, R. I. (2006). No 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi untuk Satiuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta: Depdiknas.

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Ramelan, P dkk. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Respati, R., Maulana, M., & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh Pendekatan Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Skala Dan Perbandingan. Pena Ilmiah, 1(1), 171-180

Sumarmo, U. (2012). Pendidikan Karakter serta Pengembangan Berfikir dan Disposisi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Makalah yang Disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika tanggal 25 Februari Tahun 2012 di Nusa Tenggara Timur.

Sumirat, Lusia Ari. (2014). Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 21-29.

Umar, W. (2012). Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 1(1), 1-9.

Widiastuti, E.,(2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Minggir Sleman Melalui Strategi Think-Talk-Write (Ttw)(Implementasi Pada Kompetensi Dasar Keliling Dan Luas Bangun Datar) (Skripsi, UNY).

Zaini, A. (2017). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Dan Konvensional Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dessy Noor Ariani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.