Penggunaan Metode Cerita untuk Mengembangkan Nilai Moral Anak TK/SD

Hadisa Putri(1*)

(1) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan:  Artikel ini bertujuan untuk membahas penggunaan metode cerita untuk mengembangkan moral Anak TK/SD. Metode: Tulisan ini adalah kajian literatur  untuk menjelaskan penggunaan metode cerita dalam pengembangan moral Anak TK/SD. Hasil: Penggunaan metode cerita dapat digunakan untuk mengembangkan nilai menghargai teman, sopan santun, dan tanggung jawab.  Guru sebaiknya menggunakan teknik bercerita yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, baik dari bahasa, media dan langkah-langkah pelaksanaannya.

 

English

Introduction: This article aims to discuss the use of story methods to develop the moral of kindergarten or elementary school student. Method: This paper is literature review to explain the use of story method to develop the moral of kindergarten or elementary school. Results: The use of story methods can be used to develop thr child moral, such as: appreaciate, courtesy, and responsibility. Teachers should use storytelling techniques appropriate to the child's developmental stage, both from language, media and implementation steps.


Keywords


Metode Cerita; Moral; TK; Sekolah Dasar

References


Borba, Michele. 2008. Membangun Kecerdasan Moral: Tujuh Kebijakan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fadillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoretik dan Praktik. Jokjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayat, Otib Satibi. 2006. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hurlock, Elizabeth B. 2015. Perkembangan Moral Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Licona, Thomas. 2015. Educating For Character, terj. Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purna, Rozi Sastra, dan Arum Sukma Kinasih. 2015. Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini: Menumbuhkembangkan Potensi “Bintang” Anak di TK Atraktif. Jakarta: PT. Indeks.

Said, Alamsyah, dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak, Jakarta: Kencana Prenada Mediagroup.

Dhieni, Nurbiana., dkk. (2010). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Depdiknas.

I Wayan Koyan. (2000). Pendidikan Moral Pendekatan Lintas Budaya. Jakarta: Depdiknas

Soenarjati dan Cholisin. (1994). Dasar dan Konsep Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Laboratorium PMP dan KN.

W.J.S. Poerwadarminta. (2007). Kamus Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hadisa Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.