Model kerjasama Tripusat Pendidikan dalam Pendidikan Karakter Siswa

M. Fahmi Arifin(1*)

(1) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan model kerjasama tripusat pendidikan yang terdiri dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dalam meningkatkan efektifitas pendidikan karakter. Metode: Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan rancangan multisitus. Situs penelitian ini adalah siswa di SD Islam As Salam Malang dan MI Miftahul Huda Kediri. Hasil: Model kerjasama antara sekolah, keluarga dan masyarakat dalam pendidikan karakter terdiri dari; model satu arah (linier model), model dua arah (interactional model), dan model segala arah (transactional model).

 

English

Introduction: This article aims to explain three centers education cooperation model that consists of family, school and community enivronments in improving the effectiveness of character education.  Metode: This research uses qualitative approach. This study is a qualitative approach with the type of case study research and multisitus design. The research sites are students in Islamic Elementary School As Salam Malang and Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kediri. Result: The model of cooperation between school, family and community in character education consists of; linear model, interactional model, and transactional model.

Keywords


Model Kerjasama; Tripusat pendidikan; Pendidikan karakter

References


Asmani, J. M. (2003). Dikdas. Kemendiknas. go. id; Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: DIVA Press.

Fathurrohman, P. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Rafika Aditama.

Al-Ghazali. (t.thn.). Ihya ‘Ulumuddin III, dalam Bayanu at-Thariq fi Riyadlah as- Shibyan, hlm. 69-72, dalam Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan, Dinamika Pemikiran Tentang Pendidikan Islam (Jakarta: Lantabora Press, 2015).

An Nahlawi, A. (1996). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Penerjemah. Jakarta: Gema Insani Press.

Barsihanor. (2015). Barsihanor, Kerjasama Sekolah dan Keluarga dalam Pendidikan Karakter (Studi Multisitus di SDIT Nurul Fikri dan SD Islam As Salam Malang (Malang: 2015), hlm. 290. Muallimuna, 54-69.

Chusaeni, M. A. (2017, Maret Selasa). Wawancara. (M. F. Arifin, Pewawancara) Malang.

Haitami, I. (2016). Keterlibatan Keluarga dalam Kegiatan di Sekolah dalam Perspektif Parenting. Jurnal Ilmu Pendidikan UPI.

Hasan, M. T. (2015). Dinamika Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Lantabora Press.

Jazariyah. (2017). Urgensi Program Parenting dalam Implementasi PAUD Inklusif. Jurnal UINSUKA, 41-48.

Lickona, T. (2015). Education for Character: How Our School I Can Tach Respect and Responsibility. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, T. (2015). Characters Matters: How to Help Our Children Develop Good Jugment, Integrity, and Other Esential Virtues, terj. Juma Abdu Wamanguo & Jean Antunes Rudolf Zien, Character Matters. Jakarta: Bumi Aksara.

Ma'mur, J. (2003). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Diva Press.

Miles , M. B., & Humberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tetang Metode-metode Baru. Jakarta: UIN Press.

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter, wawasan, strategi dan langkah-praktis. Salatiga: Erlangga.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wardani, K. (2017, Januari). Guru dan Pendidikan Karakter, Konsep Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Saat Ini. Diambil dari http/. Kristipasca02@Yahoo. Diakses Maret-Juni 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 M. Fahmi Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.