Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya)

Delila Sari Batubara

Abstract


Indonesia

Pendahuluan:  Artikel ini bertujuan untuk mengkaji potret kompetensi TIK guru SD/MI, faktor-faktornya, dan strategi meningkatkannya. Metode: Tulisan ini merupakan kajian pustaka untuk menganalisis berbagai hal yang berkaitan dengan kompetensi TIK Guru SD/MI. Hasil: Gambaran kompetensi TIK guru SD/MI di Indonesia berada dalam kategori cukup dan perlu ditingkatkan, khususnya guru yang berada di daerah-daerah terluar. Beberapa aspek kompetensi TIK guru yang menjadi perhatian adalah penguasaan terhadap perangkat TIK, pemahaman tentang desain pengembangan bahan ajar menggunakan TIK, dan metode penggunaan perangkat TIK di kelas. Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi TIK guru terbagi menjadi dua bagian, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri guru dan dari luar diri guru. Strategi peningkatan kompetensi TIK guru harus melibatkan pemerintah, sekolah, guru, organisasi profesi, dan masyarakat, yaitu: 1) pemerintah pusat dan daerah harus berkolaborasi dalam membuat kebijakan dan relugasi tentang penggunaan TIK di sekolah, menyediakan dana untuk pelatihan guru dan peningkatan infrastruktur TIK; 2) sekolah harus memiliki rencana peningkatan kompetensi TIK guru dan infrastruktur pendukungnya, 3) guru harus terbuka terhadap perubahan, percaya diri, dan memiliki semangat belajar mandiri, 4) organisasi profesi guru harus mewadahi guru dalam meningkatkan kompetensi TIK guru, dan 7) masyarakat mendukung program peningkatan infrastruktur sekolah dan kompetensi TIK guru.

 

English

Introduction:   This article aims to discuss the description of Teacher ICT competency, its factors, and strategies to improve it. Method: This paper uses a literature review to analyze the ICT competence of Elementary School Teachers. Results: Description of the ICT competence of Elementary School Teachers in Indonesia is medium category and needs to be improved, especially teachers located in the outermost areas. Some aspects of teacher's ICT competency that are of concern are the mastery of ICT tools, an understanding of the design of developing teaching materials using ICTs, and methods of using ICT tools in the classroom. Factors affecting ICT competence of Teacher divided into two parts: the factors coming from inside teacher self and from outside the teacher self. The strategies of increasing ICT competence of Teacher should involve governments, schools, teachers, professional organizations, and communities, namely: 1) central and local governments should collaborate on making policy and relugation on the use of ICTs in schools, provide budget for teacher training and ICT infrastructure improvements; 2) the school should have a plan to improve the ICT competence of teachers and supporting infrastructure, 3) teachers should be open minded to change, confident, and have independent learning spirit, 4) professional organizations teachers should accommodate the improving of ICT competence of Teacher, 7) society should support improvement of school infrastructure and ICT competencies of Teacher.


Keywords


Kompetensi Guru; TIK; Sekolah Dasar; Madrasah Ibtidaiyah

References


Batubara, H. H. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–12.

Batubara, H. H. D. noor A. (2015). Planning, Creating and Using ICT in Teaching among Islamic Elementary School Teachers. In ICIESA FITK FITK UIN MALANG di UIN MALANG.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. (2016). Statistik Pendidikan Islam Tahun Pelajaran 2014/2015. Jakarta: Kementerian Agama. Retrieved from http://pendis. kemenag.go.id/ebook/ebook20142015/

Indriyani, W. R. M. A. (2012). Pengaruh antara Peran Organisasi Profesi Keguruan (PGRI) terhadap Peningkatan Kompetensi Guru IPS di Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka. Jurnal Ekonomi, 1(1), 58–95.

Jumali. (2014). Profesionalisme Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Ceper. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 45–52. Retrieved from journals.ums.ac.id/ index.php/jpis/article/download/679/413

Kemdikbud RI. (2016). Neraca Pendidikan Daerah 2016. Jakarta. Retrieved from http://npd.data. kemdikbud.go.id/index.php/

Menteri Pendidikan Nasional RI. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru, BSNP § (2007).

Niarsa, A. (2013). Studi Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) DI SD Negeri 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Universitas Negeri Semarang.

Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176.

Siahaan, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran: Peluang, Tantangan, Dan Harapan. Jurnal Teknodik, 19(3), 321–332.

Tim Dapodikbud Jendela Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Persentase Guru Kualifikasi (Minimal S1). Retrieved September 29, 2017, from http://jendela.data.kemdikbud.go.id/jendela/#

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pub. L. No. Nomor 14 Tahun 2005, 1 (2005). Jakarta. Retrieved from http://www.komnasham.go.id/ sites/default/files/dokumen/UU NO 39 TAHUN 1999 HAM_0.pdf

UNESCO. (2011). UNESCO ICT Competency Framework for Teacher. UNESCO and Microsoft. France: UNESCO and Microsoft. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Uno, H. B. N. L. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek yang Pempengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.

Wimartono, S. B. S. W. A. . A. A. (2016). Analisis Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Profesi Guru (Studi Kasus : Kab. Kebumen). Citec Journal, 3(1), 74–88.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Delila Sari Batubara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.