Penerapan Pendekatan Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter Siswa di SDN 01 Kota Bangun

Purniadi Putra(1*)

(1) Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPA dalam mengembangkan pendidikan karakter di kelas V SDN 01 Kota Bangun Kabupaten Sambas. Penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil: Berdasarkan hasil pengamatan terhadap karakter siswa diperoleh nilai 46% pada siklus I dan meningkat menjadi 76% pada siklus II. Hasil pengamatan pada siklus I pertemuan I diperoleh persentase sebesar 73% dengan kriteria cukup dan meningkat pada pertemuan II menjadi 79%. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut maka disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan inkuiri dapat mengembangkan karakter siswa, seperti karakter kerja sama, rasa ingin tahu, dan komunikatif.

 

English

Introduction: This article aims to explain the application of inquiry approaches in science subjects to develop character student in grade V SDN 01 Kota Bangun, Sambas District. The use of inquiry methods in science learning consists of initial activities, core activities, and end activities. Method: This research is a qualitative research with type of classroom action research. Results: Based on observation results on the student character obtained value 46% in cycle I and increased to 76% in cycle II. Results of observation in the first cycle of first meeting obtained a percentage of 73% with medium criteria and increased at the second meeting to 79%. Based on that observasion, it is concluded that the use of inquiry approach can develop student character, such as character of cooperation, curiosity, and communicative.


Keywords


Pendekatan Inkuiri, Ilmu Pengetahuan Alam; Karakter; Madrasah Ibtidaiyah

References


Akhmad, Muhaimin Azzet, (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Arikunto, Suharsimi. (1989). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Burhan Bungin. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: Rajawali Pers.

Darmiyati Zuchdi, Z. K. (2010). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi. Edisi Khusus Dies Natalis UNY (p. 4). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Penelitian Berbasis Kelas. Jakarta: Balitbang.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. Jakarta.

Gulo,W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Haryanto. (2004). Sains Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Sekolah Dasar Kelas V SD/MI. Jakarta: Erlangga.

Kamal, R. (2012). Pendidikan Nilai Karakter. Forum Tarbiyah, 120-121.

Kemendiknas, http://rumah inspirasi.com/18-nilai-dalam-pendidikan-karakter-bangsa/jam 05. 40 tanggal 17 oktober 2017.

Latip, A. E. (2013). Pembelajaran Berbasis Karakter. MP, 43.

Muchlas Samani, dkk.,(2012) Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, P. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA di MIN Pemangkat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 57.

Putra, P. (2017). Internalisasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA melalui Model. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 78-79.

Purwo Sutanto, Handayani & Sarjan. Sains 5 untuk kelas 5 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Klaten: Sahabat.

Rusman, (2011), Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Purniadi Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.