Penerapan Pendekatan Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter Siswa di SDN 01 Kota Bangun
(1) Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
(*) Corresponding Author
Abstract
Indonesia
Pendahuluan: Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPA dalam mengembangkan pendidikan karakter di kelas V SDN 01 Kota Bangun Kabupaten Sambas. Penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil: Berdasarkan hasil pengamatan terhadap karakter siswa diperoleh nilai 46% pada siklus I dan meningkat menjadi 76% pada siklus II. Hasil pengamatan pada siklus I pertemuan I diperoleh persentase sebesar 73% dengan kriteria cukup dan meningkat pada pertemuan II menjadi 79%. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut maka disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan inkuiri dapat mengembangkan karakter siswa, seperti karakter kerja sama, rasa ingin tahu, dan komunikatif.
English
Introduction: This article aims to explain the application of inquiry approaches in science subjects to develop character student in grade V SDN 01 Kota Bangun, Sambas District. The use of inquiry methods in science learning consists of initial activities, core activities, and end activities. Method: This research is a qualitative research with type of classroom action research. Results: Based on observation results on the student character obtained value 46% in cycle I and increased to 76% in cycle II. Results of observation in the first cycle of first meeting obtained a percentage of 73% with medium criteria and increased at the second meeting to 79%. Based on that observasion, it is concluded that the use of inquiry approach can develop student character, such as character of cooperation, curiosity, and communicative.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akhmad, Muhaimin Azzet, (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Arikunto, Suharsimi. (1989). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Burhan Bungin. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: Rajawali Pers.
Darmiyati Zuchdi, Z. K. (2010). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi. Edisi Khusus Dies Natalis UNY (p. 4). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Penelitian Berbasis Kelas. Jakarta: Balitbang.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. Jakarta.
Gulo,W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Haryanto. (2004). Sains Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Sekolah Dasar Kelas V SD/MI. Jakarta: Erlangga.
Kamal, R. (2012). Pendidikan Nilai Karakter. Forum Tarbiyah, 120-121.
Kemendiknas, http://rumah inspirasi.com/18-nilai-dalam-pendidikan-karakter-bangsa/jam 05. 40 tanggal 17 oktober 2017.
Latip, A. E. (2013). Pembelajaran Berbasis Karakter. MP, 43.
Muchlas Samani, dkk.,(2012) Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, P. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA di MIN Pemangkat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 57.
Putra, P. (2017). Internalisasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA melalui Model. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 78-79.
Purwo Sutanto, Handayani & Sarjan. Sains 5 untuk kelas 5 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Klaten: Sahabat.
Rusman, (2011), Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada).
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.953
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Purniadi Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.