Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Fiqih (Studi di MIN Sekuduk, Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas)

Suriadi Suriadi(1*)

(1) Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syaifuddin Sambas
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan kontekstual dalam pembelajaran fiqih di MIN Sekuduk Kabupaten Sambas. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI di MIN Sekuduk Kabupaten Sambas yang berjumlah 23 siswa. Hasil: Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Fiqih berpusat pada siswa sehingga mereka memahami materi-materi yang dipelajari melalui praktek langsung, dan belajar  kelompok. Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran fiqih di MIN Sekuduk Kabupaten Sambas dengan menggunakan outentic assessment, seperti penilaian portofolio, penilaian performance, dan penilaian berbasis kelas.

 

English

Introduction:  This article aims to discuss contextual approach in teaching fiqih in MIN Sekuduk Kabupaten Sambas. Method: This research using qualitative descriptive approach. The subject of this research is students grade VI in MIN Sekuduk Sambas regency, amounting to 23 students. Result: Implementation of contextual approach in teaching Fiqh is student centered learning in order they understand the materials throught practice, direct learning, and cooperative learning. Contextual approach in teaching Fiqih in MIN Sekuduk Sambas used outentic assessment, such as portfolio assessment, performance appraisal, classroom based assessor.


Keywords


Kontekstual; Pembelajaran; Fiqih

References


Sanjaya, Wina, (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana, Surabaya: Insan Cendekia.

Ahmad Zayadi dan Abdul Majid, (2004). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Jakarta: Rajawali Press.

Anonimous, (2005). Kuirkulum Pendidikan Agama Islam untuk Madrasah Aliyah, Jakarta: Departemen Agama, Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Sagala, Syaiful, (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Al-Nahlawi, Abdurrahman, (1983). Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Baiti wa al-Madrasati wa al-Mujtama, Beirut: Dar al Fikr.

John M Echols dan Hasan Shadily, (1999). Kamus Inggris Indonesia (Jakarta: Gramedia.

E. Mulyasa, (2005). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. 2003. “Sistem Pendidikan Nasional”.

Suprijono, Agus, (2012). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Taniredja, Tukiran dkk. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Suriadi Suriadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.