PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN ALAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SIKLUS AIR
(1) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
(3) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ashwin, T. S., & Guddeti, R. M. R. (2020). Impact of inquiry interventions on students in e-learning and classroom environments using affective computing framework. User Modeling and User-Adapted Interaction, 30(5), 759–801. https://doi.org/10.1007/s11257-019-09254-3
Fitri, S., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory , Intellectually , and Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep di SMP Pustek Serpong. Jurnal E-DuMath, 2(2), 193–201.
Goesty, P. A., Samekto, A., & Sasongko, D. P. (2012). Analisis Penaatan Pemrakarsa Kegiatan Bidang Kesehatan Di Kota Magelang Terhadap Pengelolaan Dan Pemantauan Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmu Lingkungan, 10(2), 89. https://doi.org/10.14710/jil.10.2.89-94
Hamalik, O. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2019). Pengaruh Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Urnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 23–32. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna
Ifrianti, S., & Emilia, Y. (2016). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iii Min 10 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3, 1–2.
Jumiati. (2017). Penerapan Metode Karya Wisata pada Konsep Dasar IPA MI/SD Materi Perkembangbiakan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI. Muallimuna, 2(2), 21.
Lestari, E. (2018). Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran IPA Baturraden Di Kelas IV SD Alam.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.
Mulyanto. (2007). Ilmu Lingkungan. Graha Ilmu.
Ni Putu Widiawati, dkk. (2015). Analisis Pemahaman Konsep dalam Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 171.
PERMENDIKBUD. (2016). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 22. Tahun 2016. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Purnamawati, H. I. (2016). Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sekitar Sekolah Pada Siswa Kelas V SDN Deyangan 2.
Purwanto. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
Rambe, T., Sari, S. M., & Rambe, N. (2021). Islam Dan Lingkungan Hidup: Menakar Relasi Keduanya. Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 1(1), 1. https://doi.org/10.22373/arj.v1i1.9476
Rosyada, D. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis. Kencana.
Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Samtowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di SD. Indeks.
Setyoningsih, T. (2017). Pengelolaan Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Di SMPN 1 Gabus-Grobongan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 1–9.
Soekanto, S. (1984). Masalah Lingkungan Hidup Dan Dampak Sosialnya. Jurnal Hukum & Pembangunan, 14(6), 557. https://doi.org/10.21143/jhp.vol14.no6.1091
Wuryastuti, S., & Ni’mah, I. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Mahasiswa Melalui Pembuatan Kompor Biogas. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(2), 113–120. https://doi.org/10.17509/eh.v5i2.2842
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.7762
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Suci Ariani, Fauzan Fauzan, Fatkhul Arifin, Umi Kulsum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.