Internalisasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA melalui Model Konstruktivisme di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sebebal

Purniadi Putra(1*)

(1) Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan:

Internalisasi pendidikan karakter pada Pembelajaran IPA dalam model konstruktivisme siswa aktif menyusun sendiri konsep IPA dalam struktur kognitifnya, dengan cara mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata siswa melalui pengamatan dan percobaan sehingga terbentuk nilai karakter siswa. Metode: penelitian ini dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di MIN Sebebal Kabupaten Sambas yang berjumlah 30 siswa. Hasil:  Pendidikan karakter pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sebebal Kabupaten Sambas dalam pelaksanakan terdapat tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Nilai karakter yang ditumbuh kembangkan adalah: mandiri, kesadaran diri, dan kerjasama.

English

Introduction: Internalization of character education in science learning in constructivism model of students actively compose their own concept of IPA in its cognitive structure, by linking the material learned with the students' real life through observation and experiment so as to form student character value. Method: This research using qualitative descriptive approach. The subjects of this study were the students of grade V in MIN Sebebal Sambas district, which amounted to 30 students. Result: Educational character of science learning in Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sebebal Sambas District in implementing there are three stages of planning, implementation, evaluation and follow-up. The kind of character grown is independent, self-awareness, and cooperation.

Keywords


Internalisasi; Pendidikan Karakter; Ilmu Pengetahuan Alam; Konstruktivisme

References


Asis, Saefuddin, (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Azzet, Akhmad Muhaimin (2011), Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Jogjakarta: AR-Ruzzmedia.

A, Doni Koesoema, (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo.

Lickona, Thomas. (1991), Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam Books.

Licona, Thomas, (2015) Educating For Character; Mendidik Untuk Membentuk Karakter, terj. Juma Abdu Wamaungo Jakarta: Bumi Aksara.

Majid Abdul dan Dian Andayani, (2013), Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Megawangi, Ratna. (2007), Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Cet. II (Jakarta: Indonesia heritage Foundation.

Muchlas Samani & Hariyanto, (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Qowaid, dkk., (2007), Inovasi Pembelajaran PAI, Jakarta: Pena Citrasatria

Rahma, Eny Abdullah Aly, (1998). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Suyanto. Februari (2001), Guru Profesional dan Efektif. Kompas.

Tim Redaksi Tessaurus Bahasa Indonesia, (2008) Tesaurus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Winasanjaya, (2005). Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta:Kencana.

Wiyani ovan Ardy. (2012), Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa, Yogyakarta: Teras.

Zubaedi, (2013), Desain Pendidikan Karakter :Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Purniadi Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.