Penerapan Media Diorama Skala terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ujungpandan

Laila Nurul Sufa, Fajar Cahyadi, Mei Fita Asri Untari

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Hasil belajar matematika masih menjadi salah satu terendah dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain. Hal ini dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang dapat membantu memahami materi begitu pula dengan kemampuan berpikir siswa masih cenderung rendah. Sehingga berakibat siswa menjadi kurang mampu menyelesaikan masalah matematika. Oleh karena itu, perlunya membekali siswa untuk dapat berpikir tingkat tinggi pada tahap analisis agar memiliki kemampuan memecahkan masalah matematika melalui media. Salah satu media yang diterapkan adalah Diorama Skala (DIMAS). Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penerapan media DIMAS dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode: Metode eksperimen dengan cara memberikan perlakuan terhadap satu kelas dalam kegiatan belajar mengajar. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan jenis one group pretest and posttest design. Hasil: Siswa memiliki kemampuan analisis kategori sangat baik dan baik sebanyak 50% sedangkan siswa berkemampuan analisis cukup dan kurang memiliki presentase 50%.

English

Introduction:  Mathematics learning outcomes is still one of the lowest compared with other lessons. This is due to the lack of media that can help understand the material as well as the students thinking skills are still to be low.
Resulting in students becoming less capable of solving mathematical problems. Therefore, the need to equip students for higher-level thinking at this stage of the analysis in order to have the ability to solve mathematical problems through media.  One of media applied is Diorama Scale (DIMAS). The purpose of this research to determine the application DIMAS media in high order thinking skills Elementary School fifth grade students. Method: Experimental method by providing treatment to one class in learning activities. The study design used is Pre-Experimental with the kind of one group pretest and posttest. Result: Students have excellent analytical skills and excellent category as much as 50% while our analysis capable students and less has a percentage of 50%.

Keywords


Media Diorama Skala; Berpikir Tingkat Tinggi; Matematika

References


Runtukahu, Tombokan dan Kardon, Selpius. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Kesulitas Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2016. Dasar-dasar Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Ismilasari, Yaashinta dan Hendratno. 2013. Penggunaan Media Diorama untuk Peningkatan Ketrampilan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Online) JPGSD Vol 01, No 02, (http:/www.unesa.ac.id), diakses 1 November 2016.

Syafri, Fatrima Santri. 2016. Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/MI. Yogyakarta: Matematika.

Rofiah, Emi. Aminah, Nonoh Siti. dan Ekawati, Elvin Yusliana. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Vol 1, No 2, (http:/download.portalgaruda.org) diakses 22 Juni 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Laila Nurul Sufa, Fajar Cahyadi, Mei Fita Asri Untari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.