Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dengan Strategi Heuristik Krulik dan Rudnik terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan MABBanjarmasin
(*) Corresponding Author
Abstract
Indonesia
Pendahuluan: Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik (PMR) dengan strategi heuristik krulik dan rudnik terhadap kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar dan hubungan antara kemampuan berfikir kritis terhadap prestasi belajar siswa dengan mengunakan PMR dengan strategi heuristik krulik dan rudnik di Sekolah Dasar. Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan test. Peserta penelitian ini terdiri dari siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 60 orang siswa di SDN Sungai Miai 5 Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia. Hasil: Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat signifikan perbedaan antara kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar dan hubungan yang signifikan antara berfikir kritis dan prestasi belajar.
English
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.
Krulik, Stephen. Rudnick, Jesse A. 1995. The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Boston: Temple University
Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. 2011. Heuristik dalam Pemecahan Masalah Matematika dan Pembelajarannya di Sekolah Dasar. (http://www.docstoc.com/docs/
/Heuristik-Pemecahan-Masalahdan-Pembelajarannya-di-SD).
Nasional, D. P. (2006). Pelaksanaan Standar isi dan Standar kompetensi Kelulusan.
Polya, G. 1971. How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method Princeton. New Jersey: University Press.
Russeffendi, E. T. 2006. Pengajaran Matematika. Bandung:Tarsito.
Tambunan, Hardi. 2014. Strategi Heuristik Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sekolah. Jurnal Saintech Vol. 06 No. 04 : 35-40.
Zulkardi, dkk. 2001. Realistic Mathematics Education (RME): Teori, Contoh Pembelajaran dan Taman Belajar di Internet, Dalam Seminar Sehari Realistic Mathematics Education.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.767
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Dessy Noor Ariani, Hamdan Husein Batubara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.