Persepsi Pendidik PAI tentang Pembelajaran Multikultural di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren

Siti Rofi'ah

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Tujuan khusus dari penelitian ini adalah mengetahui persepsi guru PAI terhadap pembelajaran multikultural di Madrasah. Metode: Penelitian kualitatif deskriptif eksploratif karena bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru PAI terhadap pembelajaran  multikultural di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren. Lokasi penelitian adalah 4 Madrasah Ibtidaiyah berbasis pesantren di Kabupaten Jombang yakni MISS Seblak, MI Tarbiyatun Nasyiin, MI Urwatul Wutsqo, MI Al Asy’ari. Hasil: Adanya persepsi positif dari stake-holder Madrasah tentang pembelajaran multikultural berbasis pesantren.

English

Introduction: The specific objective of this study was to determine the perceptions of teachers PAI toward multicultural learning at the school. Method: descriptive exploratory qualitative research because it aims to describe the teacher's perception of the multicultural learning PAI in Pesantren-Based Elementary School. The research location is 4 Elementary School-based pesantren in Jombang namely MISS Seblak, MI Tarbiyatun Nasyiin, MI Urwatul Wutsqo, MI Al Asy'ari. Result: a positive perception of stakeholders madrasah about multicultural learning-based pesantren.

Keywords


Persepsi; Guru PAI; Pembelajaran Multikultural

References


Baidhawy, Zakiyuddin ”Membangun Harmoni dan Perdamaian Melalui Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural”, Lokakarya Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Australian Indonesia Partnership dan Kemenag RI, 10-13 April 2008.

Farida Hanum dan Sisca Rahmadona, Implementasi Model Pembelajaran Multikultural di Madrasah Dasar di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Artikel Multikultural-Stranas 2009.

Frances E. Kendall, Diversity in the Classroom a Multicultural Approach to The Education of Young Children, New York: Teachers College Press, 1983.

Hanurawan, F. & Waterworth,P.(1997).”Multicultural Perspectives in Indonesian Social Studies Education Curriculum”.In TheJournal Education, Vol.4 th.1999.

Lie,Anita.dkk,.”Keberagaman Budaya dan Otonomi Kurikulum”.Dalam Pendidikan Nasional:Reformasi atau Resolusi.Analisis CSIS No.3 Tahun XXIX/2000.

Mulkhan, Abdul Munir, Kesalehan Multikultural, Yogyakarta: PSAP Muhammadiyah. 2005.

Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi Jilid 2PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta. 2003.

Solso, Robert L. dkk. Psikologi Kognitif. Jakarta : Erlangga, 2007.

Sulalah, Pendidikan Multikultural Didaktika Nilai-nilai Universalitas Kebangsaan, Malang : UIN Malang Press, 2011

Sutarno. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Sutrisno, Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Fadilatama. 2011..

Suseno, Franz Magnis, Memahami Hubungan Antar Agama di Indonesia, dalam Equality and Plurality dalam Konteks Hubungan antar Agama, Yogyakarta: Sukses Offset.

Walgito, Bimo. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi. 2003

Wan Mohd. Nor Wan Daud, 1998, Filsafat dan Prektek Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib al-Attas, Bandung: Mizan

Zamroni. Pendidikan untuk demokrasi: Tantangan menuju civil society. Yogyakarta: Bigraf publishing, 2011a.

http://wartakota.tribunnews.com/2016/12/12/banyak-kasus-intoleransi-indeks kebebasan-beragama-di-indonesia-menurun diakses 23/2/2017

https://beritagar.id/artikel/berita/bibit-bibit-pemicu-intoleransi-di-indonesia Muhammad Nur Rochmi @drs_rohmen | 16:38 WIB - Jumat , 06 Januari 2017 diakses 23/2/2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siti Rofi'ah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.