Studi Komparasi Keterampilan Sosial antara Siswa Sekolah Dasar yang Menggunakan Sistem Full Day dan Reguler

Barsihanor Barsihanor(1*), Abdul Hafiz(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara nyata tingkat keterampilan sosial anak yang sekolah di SD full day dan SD regular dan perbandingan di antara mereka. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis komparatif. Adapun sumber data atau responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Nurul Fikri Banjarmasin dan SDN Teluk Tiram 2. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data menggunakan rumus prosentase dan uji beda independent sample t-tes. Hasil:  Keterampilan sosial siswa Sekolah Dsar yang menggunakan system full day adalah: 19,2% berkategori sangat rendah, 42.3% berkategori rendah, 26,9% sedang, 7,6% tinggi dan 3,8% berkategori sangat tinggi. Sedangkan keterampilan sosial siswa Sekolah Dasar regular adalah: 11,5% berkategori sangat rendah, 30.7% berkategori rendah, 26,9% sedang, 26,9% tinggi dan 3,8% berkategori sangat tinggi. Hasil uji independent sampel t-test memperoleh nilai t-hitung sebesar 4,748 dengan probabilitas (sig.) 0,000. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan sosial anak yang sekolah di SD full day dan SD Reguler.  Nilai rata-rata keterampilan sosial siswa SD yang menggunakan sistem full day school adalah 131,62 dan siswa SD regular adalah 122,96. Selisih keduanya adalah: 8,66.

 

English

Intoduction: This study aims to determine the differences between social skills of children in full day elementary school and regular elementary school. Method: This study uses a quantitative approach and  is a comparative research type. The source of the data or the respondents in this study are students of class V in SDIT Nurul Fikri Banjarmasin and SDN Teluk Tiram 2. The data collection techniques are observation, documentation, and questionnaire. Data was analyzed using percentage dan formula of different-test independent sample t-test. Result:  Social skills of elementary school using full day system are: 19,2% are very low, 42.3% are low, 26,9% are moderate, 7,6% are high, and 3,8% are very high. Result of social skills in reguler elementary school children are: 11,5% are very low, 30.7% are low, 26,9% are moderate, 26,9% are high, and 3,8%) are very high. The result of t-count of t-tet independent is 4,748 with probability of (sig.) 0,000. There are differences  on social skills between student of elementary school full day and student of elementary school regular.  The average value of social skills of students in elementary school using a full day system is 131.62 and in regular system is 122.96. Their differences is 8.66.


Keywords


Keterampilan Sosial Sekolah Dasar Full day

References


Achroni, Keen. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jogjakarta: Javalitera

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI, Jakarta: Rineka Cipta

Astuti, Marfia. 2013. “Implementasi Program Full day School Sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al-Ya‟lu Kota Malang”, dalam Jurnal Kebijakandan Pengembangan Pendidikan,Vol.1No.2.

E. Rahmawati. 2001. Hubungan Antar Relasi Sekandung dengan Penyesuaian Sosial Anak di Sekolah. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Farid, Nurul. 2009. Hubungan Antara Pelaksanaan Pendidikan Full Day School dengan Perilaku Sosial Keagamaan Di Luar Sekolah (Siswa SMP Muhammadiyah 12 Gresik), Tesis, Surabaya: IAIN Sunan Ampel.

Ghofur, Abd. 2009. Pendidikan Anak Pengungsi (Model Pengembangan Pendidikan di Pesantren bagi Anak-anak Pengungsi), Malang: UINPress.

Hilalah, Nurul. 2009. Pelaksanaan Full Day School di SD Plus Nurul Hikmah Pameksaan (Telaah Problematika Perkembangan Sosial Peserta Didik), Tesis, Surabaya: IAIN SunanAmpel

Hildayani, Rini, dkk. 2011. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Pambudi, Rohman. 2013. Meningkatkan Keterampilan Sosial melalui Permainan Bola Kasti Siswa Kelas IV A SDN Nogopuro, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Santrock, John,W. 2007. Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid2, Jakarta: Erlangga

Sidharta Suryati dan Rita Eka Izzaty. 2009. Program Pembelajaran untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak bagi Pendidik Taman Kanak-kanak. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Barsihanor Barsihanor, Abdul Hafiz

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.