Pendidikan Anak dalam Pengembangan Kecerdasan IQ, EQ dan SQ (Studi Kitab Tuhfat Al -Mawdud Bi Ahkam Al- Mawlud Karya Ibnu Al- Qayyim Al- Jauziyah)

Muhammad Za’im

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Artikel ini bertujuan untuk membahas  konsep pendidikan prenatal Ibnu Qayyim Al-Jauziyah yang mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual.  Metode:  Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan cara menelusuri sumber primer  kitab Tuhfat Al -Mawdud Bi Ahkam Al- Mawlud dan sumber sekunder lainnya. Hasil: Pemilihan pendamping hidup dalam konsepsi pendidikan prenatal akan mempengaruhi pengembangan intelektual bayi, karena semakin bagus gen calon pasangan hidup, maka kemungkinan besar akan menurun pada anak. Kemudian, dalam konsepsi proses menikah (hubungan suami istri) akan mempengaruhi pengembangan kecerdasan spiritual. Pada masa kehamilan adalah masa yang sangat penting. Masa ini akan mempengaruhi pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, dan spritual, karena di dalamnya pengaruh makanan dan lingkungan sangat mempengaruhi, dan juga pengaruh itu mempengaruhi selama sembilan bulan.

 

English

Introduction: This article aims to discuss concept of prenatal education of Ibn Qayyim Al-Jauziyah who developed emotional and spiritual intelligence. Methods: This study used literature review by tracking the primary source of Tuhfat Al -Mawdud Bi Ahkam Al- Mawlud and other secondary sources. Result: The selection of husband or wife in the conception of prenatal education will influence the intellectual development of the baby, because the better the gene-mate, it will most likely descent upon the child. In addition, in the conception of the mariage (coitus) will affect the development of spiritual intelligence. During pregnancy is a crucial time. This will affect the future of intellectual, emotional and spiritual development. In this time, the effect of diet and environment are the most influential, and also the effects will influence during nine months.

Keywords


Pendidikan; Prenatal; Kecerdasan; Ibn Al-Qayyim.

References


Al Jauziyah, Muhammad bin Abu Bakar. 2001. Tuhfah al Maudūd bi Ahkām al Maulūd. Tahqiq. Fawwaz Ahmad Zamrali, Beirut: Dar al-Kitab al-Araby.

Burns, R. B. 1993. Konsep Diri, Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku, Terj. Eddy, Jakarta: Arcan.

Campbell, Don. 2001. The Mozart Effect for Children: awaking your child‟s mind, health and creativity with music; penerjemah, Alex Tri Kantjono Widodo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Daradjat, Zakiah. 1994. Doa Menunjang Semangat Hidup. Jakarta: Ruhama.

de Carr, Rene Van & Marc. Lehrer. 1999. Cara Baru Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan. Bandung: Kaifa.

Hawari, Dadang. 1997. Doa dan Zikir sebagai Pelengkap Terapi Medis. Jakarta: Dana Bhakti Primayasa.

Husna, Aura. 2013. Kaya dengan Bersyukur: Menemukan Makna Sejati Bahagia dan Sejahtera dengan Mensyukuri Nikmat Allah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Mansur. 2004. Mendidik Anak sejak dalam Kandungan. Yogyakrta: Mitra Pustaka.

Rita, Kreemer & Salk Lee. 1977. How To Raise a Human Being, A Parent’s Guide to Emotional Health from Infancy Through Adoles Cence. New York.

Sari, Nur Ramadhian. 2005. Musik dan Kecerdasan Otak Bayi. Jakarta: Kharisma Buka Aksara.

Sulaeman, Dina Y. 2007. Doktor Cilik Hafal dan Paham Al Qur’an. Depok: Pustaka Iman.

Supardi dan Aqila Smart. 2010. Ide-ide Kreatif Mendidik Anak bagi Orangtua Sibuk. Jogjakarta: Katahati.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Za’im

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.