Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar

Rahmad Rahmad(1*)

(1) IAIN Antasari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan:  Tulisan ini merupakan hasil analisa tentang pentingnya pelajaran IPS pada usia sekolah terutama pada pendidikan dasar.  Metode: Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan cara menelusuri berbagai sumber referensi secara kritis untuk mendapatkan data yang benar dalam menjelaskan topik pembahasan. Hasil: Pembelajaran IPS merupakan pelajaran yang berdiri sendiri dan sejajar dengan pelajaran lain. Anggapan sebagian orang terhadap mata pelajaran IPS sebagai mata pelajaran yang mudah dan tidak terlalu penting tidak dapat diterima., Karena anggapan ini tidak sesuai dengan pentingnya tujuan mata pelajaran IPS untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas yang mampu mengambil keputusan rasional sebagai warga masyarakat yang beraneka budaya. Pelajaran IPS di pendidikan dasar tentu menjadi hal yang sangat penting bagi individu dalam menjalani hidup bermasyarakat, peran guru yang optimal dalam pembelajaran ini tentu sangat diperlukan. Sehingga dapat terwujud masyarakat yang beradab dengan mendasarkan pada nilai-nilai kehidupan.

 

English

Introduction:  This paper is a analysis of the importance of social studies at school, especially in basic education.  Methods: This study used literature review by tracking various reference to get the data valid and reliable. Result: Social studies is a stand-alone lessons and align with other lesson.  Assumption of somebody saying that social studies lesson is not too important can be not accepted. because the assumption is not relevant with the purpose of social studies lesson to realize intelligent people who were able to make rational decisions as citizens of diverse cultures. Social studies in elementary education would be very important for the individual to live a social life. The optimal role of the teacher in this lesson is certainly very necessary. To enable the creation of a civilized society by basing on the values of life.

Keywords


Ilmu Pengetahuan Sosial; Sekolah Dasar

References


Aca Supriatna. (2008). Pengaruh Pembelajaran Kooeratipe STAD Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta didik . Bandung : UPI

Arifin. 2010. Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Lilin Persada Press.

Kasim, Melany. 2008. Model Pembelajaran IPS, (Online), Http: // Wodrpres. Com. (diakses 5 Februari 2017).

Sapriya, dkk. 2008. Konsep Dasar IPS. Bandung: Laboratorium PKN Universitas Pendidikan Indonesia.

Sapriya, dkk. 2008. Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKN Universitas Pendidikan Indonesia.

Tasrif. 2008. Pengantar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Genta Press.

Turmudzi, Ahmad. 2015. Pembaharuan pembelajaran IPS dalam rangka mendukung pembangunan nasional dan peningkatan wawasan internasional, (Online), http://www.kompasiana.com. (diakses 5 Februari 2017)

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta : Depdiknas.

Waterwroth. 2007. Social Studies and Project. Washington : National Commision on Social Studies in The Schools.

Yaba. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial 1. Progaram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rahmad Rahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.