Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI

Hamdan Husein Batubara(1*), Dessy Noor Ariani(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan video untuk kegiatan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Metode: Penelitian ini menggunakan kajian pustaka dengan cara menelusuri berbagai rujukan untuk mendapatkan data yang valid dan dapat dipercaya. Hasil: Penggunaan video untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar dibagi menjadi 4 macam, yaitu: video presentasi linier, video tutorial, rekaman video, dan klip video lagumatika dengan lirik. Prinsip-prinsip yang perlu dipertimbangkan dalam menggunakan video di kelas adalah: 1) perangkat pendukung, seperti listrik, pemutar video (laptop atau VCD), speaker, dan proyektor LCD, 2) keterampilan guru, seperti membuat dan menggunakan video dalam pengajaran, 3) Konten video, seperti kesesuaian isi dengan tema, kualitas resolusi, dan durasi (sekitar 3-7 menit), dan 4) tata ruang kelas, seperti letak tempat duduk dan posisi meja. Keunggulan video sebagai media pembelajaran mudah digunakan dan mampu menjelaskan konten dengan lebih nyata. Kelemahannya tidak interaktif.

 

English

Introduction: The article aims to explain the using of video for teaching math in elementary school. Methods: This study used literature review by tracking various references to get valid and reliable data. Result: The using of video for teaching math in elementary school is divided into 4 kinds, namely: linier presentation video, tutorial  video, recorded  video, and video with lyrics. The principles of the using video in the classroom are: 1) support devices, such as electricity, video player (laptop or VCD), speakers, and LCD projector, 2) teacher skill, such as creating and using video in teaching, 3) video content, such as conformity its content with theme course, resolution quality, and duration (about 3-7 minutes ), 4) classroom layout. The excellence of video as a learning medium is easy to use and able to explain content with more real. The weaknesses of video linier is not interactive and its efect depend on focus of student.

Keywords


video; pembelajaran matematika; sekolah dasar

References


Admin, Z. (2016, Februari 8). 9 Tips Merekam Video secara Profesional Menggunakan HP. Diambil kembali dari Zopini Blog: https://www.zopini.com/blog/9-tips-merekam-video-secara-profesional-menggunakan-hp/

Arief. (2013, Januari 22). Jenis Format File Video. Diambil kembali dari Informatika: http://informatika.web.id/jenis-format-file-video.htm

Ayuningrum, F. (2012). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Siswa Kelas X Pada Kompetensi Mengolah Soup Kontinental di SMK N 2 Godean. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Fadhli, M. (2015, Januari). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24-29.

KBBI, A. (2017, 2 6). Arti Kata Video. Diambil kembali dari KBBI Daring: http://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/video

Munir. (2013). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan (Vol. Cetakan ke 2). (R. d. Nurfitriansyah, Penyunt.) Bandung: Alfabeta.

Putri, N. (2012). Efektifitas Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 318-328.

Said, A., & Budimanjaya, A. (2016). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences: Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Softonic, A. (2017, Februari 6). Konverter audio dan video gratis untuk peranti mobil. Diambil kembali dari Softonic: https://format-factory.id.softonic.com/

Wikipedia. (2017, April 25). Corel VideoStudio. Diambil kembali dari Wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Corel_VideoStudio




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hamdan Husein Batubara, Dessy Noor Ariani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.