IPA dan Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi (Telaah Buku Siswa MI/SD Kelas VI Tema 1, Karya Afriki, dkk)

Jumiati Jumiati(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan:  Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pembelajaran yang mengacu pada kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai cara untuk mengajarkan materi IPA bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar. Metode: Penelitian ini adalah penelitian pustaka. Pengumpulan dan penelaahan referensi tentang indikator-indikator kemampuan berfikir tingkat tinggi kemudian dihubungkan dengan penyajian pada materi IPA dalam buku siswa kelas VI tema 1. Penelitian ini menggunakan metode analisis induktif dan deduktif. Hasil:  Pada awal materi setiap subtema terdapat pertanyaan untuk menggali pengalaman dan melatih berfikir tingkat tinggi. Terdapat kegiatan untuk mengkreasikan diri pada setiap sub tema . Terdapat soal untuk melatih berfikir tingkat tinggi pada setiap  akhir soal latihan.

English

 

Introduction: This study aims to explain the implementation learning base on high-level thinking skills as a strategy to teach secience content for students in Islamic Elementary School or Primary School. Methods: This study is a library research. Collecting and reviewing references about indicators of high-level thinking skills was linked with the presentation of the in the book graders VI themes 1. This study used analysis method inductive and deductive. Results: The first content on each sub-theme contained questions to explore the experience and training of high level thinking. There are activities for the creation of themselves in each sub-theme. There are aquestions to practice high-level thinking on each exercises.

Keywords


Berpikir Tingkat Tinggi; IPA; Madrasah Ibtidaiyah

References


Afriki, dkk. 2015. Buku Teks Pelajaran untuk Siswa. Tematik Kelas VI Tema 1. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. 2013. Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdikbud.

Krathwohl, Bloom & Masia.1964.The Taxonomy of Educational Objectives:

Handbook II. Tersedia di www.nwlink.com /~donclark/hrd/bloom.html.

Krathwohl, D. R. 2002. A revision of Bloom's Taxonomy: an overview – Theory Into Practice,College of Education, The Ohio State University Learning Domains or Bloom's Taxonomy: The Three Types of Learning, tersedia di www.nwlink.com /~donclark/ hrd/bloom.html.

Mulyadi, dkk. 2010. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan untuk Perolehan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SD. Pontianak: Magister Teknologi Pembelajaran FKIP Untan.

Rosnawati. 2014. Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Siti Muhlishoh. 2014. Bagaimana Meningkatkan Level Berpikir dalam Proses Pembelajaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jumiati Jumiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.