PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK MANFAAT ENERGI KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Diana Rossa Martatiyana(1*), Lina Novita(2), Ratih Purnamasari(3)

(1) Universitas Pakuan
(2) Universitas Pakuan
(3) Universitas Pakuan
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to produce flipbook teaching materials for theme 2, subtheme 2, the benefits of learning energy 1 in class IV at SDN Semplak 1 and to determine the feasibility of flipbook teaching materials. This development uses the ADDIE model. The research begins with a needs analysis, making a design, developing a flipbook teaching material design, then being validated by experts, revising the product, and conducting a limited trial (implementation). The total average value of the validation results of material, media, and language experts shows that flipbook teaching materials are very feasible to use with an average acquisition percentage of 91.90%. In the limited test stage, 29 students gave a very good response to the flipbook teaching materials used. Based on the results of the study, it was concluded that this flipbook teaching material was tested, interesting and very suitable for students to use for learning.


Keywords


development of teaching materials; flipbooks; energy benefits

Full Text:

PDF

References


Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 37-44.

Apriliyani Sita Wahyu. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Proseding Seminar Nasional Sains, 2(1).

Arsanti Meilan. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. Jurnal Kredo, 1 (2)

Astuti Putri, A. D., & Respati, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook untuk Siswa SD. Pedadikdatika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Vol. 9, Issue 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.

Dayanti, Z. R., Respati, R., & Gyartini, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 04, 5.

Gusman, F., Seni, A., Ahmad, M. (2021). Bahan Ajar Digital Menulis Puisi Berbasis Flipbook di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1).

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2).

Handayani, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk

Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2).

Huda M.M.(2018). Pengaruh Penggunaan E-Modul Berbasis Flip Html 5 Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pena Karakter, 4(2).

Husada Syahda Puspita. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (2).

Lestari, M.F., Nyoman, L.J. (2022). Bahan Ajar pada Tema 6 Subtema 2 untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(1).

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2).

Numan, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114.

Opidianto M, Mei F.A.U, Ikha L. 2021. Flipbook Kesehatan di Era Pandemi sebagai Literasi Siswa Sekolah Dasar. Edutech Undiksha, 9(2).

Purnamasari, N. L. (2019). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1).

Puspasari R, Tutut S. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education, 3(1).

Puspitasari Rina. 2020. Pengembangane-Modulberbasis Hots Berbantuan Flipbook Markersebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3 (3).

Putri, I.P., Nury, Y., Siti, H. S. (2020). PengembanganE-ModulBerbasis Kvisoft Flipbook MakerPerjuangan ParaPahlawan diKelas IV Sekolah Dasar. Seminar Nasional PGSD Unikama, 4(1).

Ramadhan, S., Sukma, E., & Indriyani, V. (n.d.). 565 Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Dengan Perangkat Seluler Dan Aplikasi Edmodo. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa.

Reizal, H., Surya Hutama, F., & Jember, U. (2015). Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Pengembangan Buku Ajar Berbasis Infografis Pada Tema Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Terbit Sejak, 5(2), 54–65. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna.

Revina, J., Putri, A., Mudinillah, S., Al-Hikmah, P., & Batusangkar, I. (n.d.). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI di SDN 02 Tarantang. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2)

Riwu, U. R., Laksana, Dhiu (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2).

Rostikawati, dkk. (2021) Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Keunikan Daerah Tempat Tinggalku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JIP (Jurnal Pendidikan Indonesia), 7(3).

Kholifah, W. T., Firosalia, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Tematik untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5).

Rusnilawati. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (Bae) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan Ctl Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidkan Dasar, 4 (2).

Setiadi M.I, Makbul M, Dhia S. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 5(4).

Setyaningtyas Y. (2020). Cerdas Sains Kelas 4-6 SD. Jakarta: Buku Kita.

Susilawati, F. (2020). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Peningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa, EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.7244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diana Rossa Martatiyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.