LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 3 SD/MI
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(4) Universitas Islam Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyansyah, A. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, 0, Article 0. https://doi.org/10.1234/.v0i0.983
Anindya, E. F. Y., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238–245. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053
Anwar, M. K., Laasiliyah, M. L., & ... (2021). Kajian Teoritis Integrasi Literasi Numerasi dalam Modul IPA SMP. PISCES …. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/287
Ashri, D. N., & Pujiastuti, H. (2021). Literasi Numerasi pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 1–7. https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.1-7
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93–103. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137
John W Creswell. (2018). Reseach Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. ustaka Pelajar.
John W Creswell. (2019). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Pustaka Pelajar.
Lestari, E. D. (2019). Penerapan Budaya Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 di SD Muhammadiyah 1 Malang [Undergraduate, University of Muhammadiyah Malang]. https://doi.org/10/7/LAMPIRAN.pdf
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88
Manguni, D. W. (2022). Teknik Membaca Scanning dalam Pengembangan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika Anak di Sekolah Dasar. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar …. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/818
Marhaeni, A., Dantes, N., & Paramartha, A. (n.d.). PENGGUNAAN BUKU CERITA TEMATIK BERBASIS K-13 DALAM PELATIHAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH BAGI GURU SD. In Eproceeding.undiksha.ac.id. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/download/1854/1258
Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61–66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408
Mulyani, T., Mawardi, & Widi, K. (2019). Komparasi Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Daerah Tempat Tinggal Sekitar dengan Berbasis Kemendikbud untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Kelas 4. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 49–56. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.49-56
Naughton, G. M & Hughes, P. (2019). Doing Action Research in Early Childhood Studies: A Step by Step Guide. Open University Press.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. In Absis: Mathematics Education …. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/7j7idwszlfgj5jq5h5wufv2oim/access/wayback/http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/absis/article/download/1385/pdf
Permendikbud_Tahun2016_Nomor023.pdf. (n.d.). Retrieved 31 October 2021, from https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/09/Permendikbud_Tahun2016_Nomor023.pdf
Rukin, D. R., S. Pd. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti, Y. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 8.
Wulandari, M. D. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi di Sekolah Dasar dalam Kegiatan Kurikuler dan Ekstrakurikuler. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/17906
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6499
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Maya Nurjanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.