ANALISIS KELAYAKAN VIDEO PEMBELAJARAN IPS JENJANG MI/SD DI PLATFORM YOUTUBE PADA MATERI KERAGAMAN AGAMA DI INDONESIA
(1) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(3) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
(4) Universitas Islam Raden Rahmat Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan kelayakan video pembelajaran di platform youtube materi keragaman agama di Indonesia. Pendekatan kualitatif dengan studi dokumentasi digunakan dalam penelitian ini, secara khusus pengumpulan data sekunder dikumpulkan melalui platform yotuber dengan kata kunci “IPS keragaman Agama di Indonesia”, kemudian video dianalisis berdasarkan Standar Kelayakan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yaitu aspek isi dan penyajian, bahasa. Hasilnya peneliti menganalisis duabelas video pembelajaran IPS dari chanel yang berbeda, rata-rata pada aspek isi sebesar 67,5% berpredikat layak; bahasa sebesar 71,4% berpredikat layak; penyajian sebesar 73,3% berpredikat layak; kegrafikan sebesar 71,5% berpredikat layak. Pada ke empat aspek kelayakan menandakan bahwa videp pembelajaran IPS layak untuk dijadikan rujukan dalam Pembelajaran.
FEASIBILITY ANALYSIS OF MI/SD IPS LEARNING VIDEO IN YOUTUBE PLATFORM ON RELIGIOUS DIVERSITY MATERIALS IN INDONESIA
Abstract: The purpose of this study is to analyze and describe the feasibility of learning videos on the YouTube platform on the diversity of religions in Indonesia. A qualitative approach with a documentary study is used in this research, in particular, secondary data was collected through the YouTuber platform with the keyword "IPS on Religious Diversity in Indonesia", then a video based on the Feasibility Standards from the National Education Standards Agency (BSNP), namely content and presentation aspects, language. The results of the researchers analyzed the social studies learning videos from different content, on average 67.5% of the content aspect was predicated; language of 71.4% has a decent predicate; presentation of 73.3% was categorized as feasible; 71.5% of the predicate is feasible. The four aspects of feasibility indicate that the social studies learning video is feasible to be used as a reference in learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, D. A. G. (2017). Keragaman Keberagaman (Sebuah Kodrati Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Berdasarkan Pancasila). Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(2), 151–159. https://doi.org/10.17977/um020v11i22017p151
Aprilia, P. (n.d.). 9 Cara Menambah Viewer YouTube Paling Ampuh 2020. Https://www.niagahoster.co.id. Retrieved April 5, 2021, from https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menambah-viewer-youtube/?amp
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Rineka Cipta.
Badan Bahasa Kemendikbud. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. In Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesi (Vol. 4). http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/PUEBI.pdf#page=8&zoom=auto,-195,422
Badan Standar Nasional Pendidikan dan Pusat Perbukuan. (2014). Instrumen Penilaian Tahap I dan Tahap II Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Dan Menengah. http://bsnp-indonesia.org/?p=1340
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Cahyana, A. D., & Kosasih, E. (2020). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran untuk Jenjang SD di Saluran Youtube Ruangguru dan Labedu Channel. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 132–144. https://doi.org/10.17509/md.v16i1.26363
Febriyandi.YS, F. (2019). Agama, Ritual dan Konflik : Suatu Upaya Memahami Konflik Umat Beragama di Indonesia. Handep: Jurnal Sejarah Dan Budaya, 2(2), 123–142. https://doi.org/10.33652/handep.v2i2.41
Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i2.4656
Irmawati, E., Putri, N., Sari, I., Kusumahastuti, P. A., & Surakarta, I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Dan Ejaan Pada Judul Youtube Di Channel Baim Paula. Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 4(2). http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/2124
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1 (2020). https://drive.google.com/file/d/1VrAOA3Qz5bV2p6FgN7Xv7GHVmS0u44Er/view
Kemp, S. (2019). Digital 2019: Indonesia. Global Digital Insights, 17. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia
Kemp, S. (2020). Digital 2020 Report: Indonesia. In Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia
Kushendrawati, S. M. (2012). Multikultural Agama:Analisis Kritis Masalah Kerukukan Umat Beragama di Indonesia. Seminar Internasional Multikultural & Globalisasi, 185.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.
Muslich, M. (2010a). Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Ar-Ruzz Media.
Muslich, M. (2010b). Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Ar-Ruzz Media.
Nur Latifah, Najib Hasan, Y. A. F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negri Sukamurni 1 Kabupaten Tengerang. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 116–127.
Sari, L. (2020). Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan Dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074–1084. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/226
Sari, L. M. (2018). SIMBOL SALIB DALAM AGAMA KRISTEN. RELIGI JURNAL STUDI AGAMA-AGAMA, 14(2), 155. https://doi.org/10.14421/rejusta.2018.1402-01
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135
Setiawan, T. Y., Arsil, A., & Noviyanti, S. (2021). Pemanfaatan Youtube Pada Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iic Sekolah Dasar.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.
Suprapto, E., & Suprapto, N. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Platform Youtube Pada Materi Usaha Dan Energi. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 21–31.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Warna - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (n.d.). Retrieved March 26, 2021, from https://id.wikipedia.org/wiki/Warna
Widagdo, B. W., Handayani, M., & Suharto, D. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perilaku Peserta Didik pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pengukuran Skala Likert (Studi Kasus di Kabupaten Tangerang Selatan). Jurnal Teknologi Informasi ESIT, 63(2), 63–70. http://jurnal-eresha.ac.id/index.php/esit/article/view/188
Winata, N. T. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia Dalam Media Massa Daring (DETIKCOM). Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 115–121. https://doi.org/10.31943/bi.v4i2.52
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4362
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 waluyo adji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.