KESULITAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI NEWMAN
(1) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal HOTS matematika berdasarkan Teori Newman. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SDN Gerih 1 Ngawi sebanyak 23 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil tes soal uraian dan hasil dari wawancara siswa yang dianalisis secara kuaitatif. Hasil skor tes siswa dikelompokkan menjadi tiga terdiri dari siswa berkemampuan tinggi (nilai tes antara 86-100), siswa berkemampuan sedang (nilai tes antara 70-85), dan siswa berkemampuan rendah (nilai tes antara 0-69). Selanjutnya untuk wawancara, peneliti memilih secara purposive satu siswa dari masing-masing kategori yang sudah dikelompokkan. Hasil penelitian ini yaitu terdapat 4 siswa kemampuan tinggi, 10 siswa kemampuan sedang dan 9 siswa kemampuan rendah. Indikator kesalahan menurut teori Newman yaitu membaca, memahami soal, transformasi, keterampilan proses serta proses penyelesaian. Hasil pengerjaan siswa ditemukan adanya kesalahan yang berbeda-beda dari setiap subjek.
THE DIFFICULTIES OF ELEMENTARY’S STUDENTS LEARNING IN COMPLETING HOTS MATHEMATICS PROBLEMS BASED ON NEWMAN’S THEORY
Abstract: This study aims to describe the learning difficulties of elementary school students in solving mathematics HOTS questions based on Newman's Theory. This research is a descriptive research. The subjects in this study were 23 students of class V SDN Gerih 1 Ngawi. Data in the form of test results and student interviews were analyzed qualitatively. The results of student test scores are grouped into three consisting of high-ability students (test scores between 86-100), medium-ability students (test scores between 70-85), and low-ability students (test scores between 0-69). Furthermore, for the interview, the researcher purposively selects one student from each of the grouped categories. The results of this study were 4 high-ability students, 10 medium-ability students and 9 low-ability students. Indicators of error according to Newman's theory are reading, understanding, transformation, process skills and finishing process. The results of student work found that there were errors that differed for each subject.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, D., & Hadi, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219–236. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904
Arifin, Yusmin, E., & Hamdani. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 6(4), 1–13.
Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71–78. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912
Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Tahapan Newman beserta Bentuk Scaffolding yang diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51.
Fauzia, D. P., Badarudin, & Supriatna. (2015). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik melalui Model Inkuiri Terbimbing. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 116–127.
Hadi, F. R., & Kurniawati, R. P. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 334–343. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v6i3.1076
Hadi, W., & Faradillah, A. (2020). Hambatan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Bermuatan High-Order Thinking Skills. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 662–670.
Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64
Hidayati, D. N., Sulistyani, N., & Pantiwati, Y. (2020). Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita matematika HOTS berdasarkan Teori Newman pada siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 39–50.
Manik, P., Saraswati, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269.
Nugraha, T. S., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis Dan Kritis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 107–120. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7154
Oktaviana, D. (2017). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22–32.
Rahman, A., & Bahar, S. (2019). Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Studi Deskriptif di Kecamatan Palu Barat dan Palu Timur Kota Palu. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 110–116.
Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630
Rudyanto, H. E., Hadi, F. R., Winanto, A., Novianto, A., Hawa, A. M., Sari, Y., Khoiriyah, I. S. A., & Santika, M. (2019). Open Ended Mathematical Problem Solving: An Analysis of Elementary Students’ Creative Thinking Abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012077
Sholihah, I., & Erva Zulfa, F. (2019). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 7(1), 33–46. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art2
Sofyan, F. A., Krisna, P., Astuti, M., & Palembang, K. (2020). The Analysis Of Mathematical Learning Difficulties Based on Hots At The Fourth Grade. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 90–97.
Suyitno, A. (2020). Growth of student mathematical creativity as part of 4C competence for entering the 21st century. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2), 4–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022100
Wilson, V. (2013). Research Methods: Triangulation. Evidence Based Library and Information Practice, 37(2), 268–286. https://doi.org/10.1108/OIR-11-2011-0193
Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif Dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2), 95–118. https://doi.org/10.24235/eduma.v3i2.58
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4358
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Fida Rahmantika Hadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
<