PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG BERBASIS TOKOH PAHLAWAN NASIONAL UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Arya Setya Nugroho(1*), Wahyuni Wahyuni(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Gresik
(2) Universitas Muhammadiyah Gresik
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Pengembangan wayang ini dimaksudkan untuk pemenuhan ketersidaan media yang memberikan kemudahan dalam pengelolaan proses belajar mengajar. Model metode penelitian ini merupakan model R&D (Research and Development), namun hanya menggunakan lima tahapan ialah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain serta revisi desain. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dan kondisi pandemi saat ini. Hasil valid serta layak diperoleh dari validasi media serta materi dari pakar validator kemudian dapat diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil validitas atas pakar materi 1 diperoleh nilai 20 atau 80% dan ahli materi 2 memperoleh skor 22 atau 88%, sedangkan hasil validitas dari pakar media 1 mendapatkan nilai 43 atau 91% dan validasi pakar media 2 memperoleh 41 atau 95,5%. Pengembangan wayang tersebut diharapkan mampu memenuhi perangkat pembelajaran salah satu nya media sebagai penunjang keterlaksanaan proses belajar mengajar.

DEVELOPING WAYANG BASED NATIONAL HEROES FOR THE 4th GRADE ELEMENTARY SCHOOL’S TEACHING MEDIA

Abstract: The development of puppets is intended to fulfill the availability of media which provides convenience in managing the teaching and learning process. The research method model used is the R&D (Research and Development) model, but it only uses five stages, namely potential and problems, data collection, product design, design validation and design revision. This is adjusted to the needs of research and the current pandemic conditions. The results of media validation by media and material expert validators obtained valid results and were feasible to be applied in the teaching and learning process. The results of the validity of the material expert 1 obtained a score of 20 or 80% and the material expert 2 obtained a score of 22 or 88%, while the results of the validity of the media expert 1 got a value of 43 or 91% and the validation of the media expert 2 got 41 or 95.5%. The development of puppets is expected to be able to fulfill learning tools, one of which is the media to support the implementation of the teaching and learning process.


Keywords


media, wayang, tokoh, pahlawan

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., & Suprianto, D. (2018). Analisis Hasil Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Aljabar Logika Dengan User Acceptance Test (UAT). SMATIKA JURNAL. https://doi.org/10.32664/smatika.v8i02.205

Ahlcrona, M. F. (2012). The Puppet’s Communicative Potential as a Mediating Tool in Preschool Education. International Journal of Early Childhood. https://doi.org/10.1007/s13158-012-0060-3

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Gweon, G., Lee, K. J., Kim, B., Rhim, J., Kim, J., & Choi, J. (2018). MABLE: Mediating young children’s smart media usage with augmented reality. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings. https://doi.org/10.1145/3173574.3173587

Hidayah, N. (2018). Upaya Perpustakaan dalam Melestarikan Khazanah Budaya Lokal (Studi Kasus Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur). BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi. https://doi.org/10.17977/um008v2i12018p021

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Marsaid. (2016). Islam Dan Kebudayaan: Wayang Sebagai Media Pendidikan Islam Di Nusantara. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2), 117–123. https://doi.org/10.26418/jp.v3i2.22676

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4). https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152

Nurmadiah, N. (2016). Media Pendidikan. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Riduwan. (2003). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.

Rustad, S., Rahmat, A., Basuki, I., Suyud, Soeprijanto, Asrial, Ridwan, Susilohadi, A., & Syahril. (2012). Sertifikasi Guru Dalam Jabatan. Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sadiman, A. S. (2018). Media Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Triyanto, E., Anitah, S., & Suryani, N. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Wahyudi, U., Wibawanto, H., & Hardyanto, W. (2017). Pengembangan Media Edukatif Berbasis Augmented Reality untuk Desain Interior dan Eksterior. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19337

Widianto, E. (2017). Media Wayang Mini dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara bagi Pemelajar Bipa a1 universitas ezzitouna tunisia. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1757

Yasasusastra. (2011). Mengenal Tokoh Pewayangan Biografi, Bentuk, dan Perwatakannya. Pustaka Mahardika.

Yuniati, N., Purnama, B. E., & Nurgoho, G. K. (2011). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1 Sragen. Jurnal Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arya Setya Nugroho, Wahyuni -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.