Pembentukan Karakter Gemar Membaca Alquran

Muhammad Zulkifli(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia:

Pendahuluan:  Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi-kan tentang  pembentukan karakter gemar membaca Alquran anak dan hal-hal yang memotivasi anak sehingga menumbuhkan karakter gemar membaca Alquran anak di SDI As-Salam kota Malang dan MI Sunan Gunung Jati Sukun. Metode:  Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan rancangan multisitus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Kordinator Guru metode Ummi, Kordinator guru metode Tahfidz, guru metode Ummi, siswa dan orang tua. Hasil:  Pembentukan karakter gemar membaca Alquran: pembelajaran membaca Alquran di dua sekolah menggunakan metode Ummi, dengan proses pembelajaran yang sama tetapi dengan teknik yang berbeda, dan dengan guru yang akrab dengan muridnya. Proses pembelajaran di dua sekolah tersebut tampak lebih bersifat mendidik, menyayangi, sabar dan menyenangkan. Adapun hal-hal yang dapat memotivasi siswa adalah: a) motivasi dari guru, b) motivasi dari siswa, dan c) motivasi dari orang tua.

English:

Introduction: :  The purposes of this research are to describe  the building system of delight character for reading Quran and  the things that motivate the students to  grow up them delight character for reading Quran at  SDI As-Salam  Malang dan MI Sunan Gunung Jati Sukun. Metode: Case study with multisite design was used in this research.  Data were taken from in-depth interviews, observation, and documentations. The informans is the head master, teacher coordinator of Ummi method and tahfiz method, the teachers of Ummi method, the students, and parents.  Result:  the building system of delight character for reading Quran at two school used Ummi method in learning to read Alquran, with the same learning process, but with different method, and with teachers who close with their students. The learning process were more on educating, loving, patient, and fun. The things that motivate the students to  grow up students delight character for reading Quran are teachers motivation, students motivation, and parents motivation.


References


Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum,2010. Bahan Pelatihan : Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Mebentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. (Jakarta: Pusat Kurikulum.

Syukri Hamzah, 2013. Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar, (Bandung: Refika Aditama.

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum,2010.Bahan Pelatihan : Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Mebentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Abdul Majid dan Dian Andayani, 2011.Pendidikan Karakter Persepektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Persepektif Islam

Kementerian Agama RI. Mushaf Alquran. Mikraj khazanah ilmu;Bandung

Yatimin Abdullah, 2006. Studi Akhlak dalam Perspektif Alquran.Pekanbaru;Amzah.

Jelia Amelida, “Komitmen Program Gemmar Mengaji Harus Dimantapkan”, http://www.koran-sindo.com/read/1017757/151/komitmen-program-gemmar-mengaji-harus-dimantapkan-1435463598. Diakses pada 6 juli 2015

Sulhi El-Izzi, “Pemkab Aceh Utara Galakkan Program Mengaji Ba’da Maghrib”, http://www.kiblat.net/2015/05/29/pemkab-aceh-utara-galakkan-program-mengaji-bada-maghrib/, diakses pada 5 juli 2015

Dialog Jumat, http://www.republika. co.id/berita/koran/dialog-jumat/14/06/ 06/n6qgo72-prof-dr-nasaruddin-umar-mengembalikan-budaya-mengaji-umat-islam, diakses pada 6 juli 2015

M Mahbubi, 2012Pendidikan Karakter Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta.

Kemendikbud, 2011, Panduan Pembinaan Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar, Kemendikbud: Jakarta.

Hamid Darmadi, 2011, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2012, Model Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Bandung: Alfabeta.

Uhar Suhasaputra, 2012, Metodologi Penelitian kauantitatif, Kualitatif, dan Tindakan, Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v1i2.385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Zulkifli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.