Rutinitas Keagamaan di Islamic Full Day School dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik

Muhammad Iqbal Ansari(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Penelitian bertujuan adalah untuk mendapat gambaran mengenai rutinitas keagamaan yang diterapkan oleh SDIT Ukhuwah Banjarmasin sebagai Islamic full day school dalam membentuk karakter religius peserta didik.Metode:   Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil: SDIT Ukhuwah Banjarmasin melaksanakan beberapa runitas keagamaan untuk membentuk karakter religius peserta didik. Rutinitas tersebut dilaksanakan dalam empat fase waktu, yaitu rutinitas harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Rutinitas keagamaan yang dilaksanakan ada yang bersifat vertikal dan horizontal. Yang bersifat vertikal berwujud hubungan peserta didik dengan Allah Swt., seperti shalat, membaca Al-Qur’an, berdoa, puasa, dan mengucapkan kalimah thayyibah. Adapun yang bersifat horizontal berwujud hubungan manusia dengan sesamanya seperti kegiatan program Teman Asuh, zakat fitrah, qurban, dan berkunjung ke panti sosial.

 

English

Introduction: The purpose of the research is to find out the description of religious daily routines applied by SDIT Ukhuwah Banjarmasin as an Islamic full-day school in forming the students’ religious character. Method: The method that used in this research is qualitative. Result:  Results of the research show the school perfoms some religious routines to form the students’ religious character in four periods of time; daily, weekly, monthly and yearly routines. These religious routines have vertical and horizontal forms. Vertical forms mean the relationship between the students and Allah SWT., as shalah, recite the Holy Qur’an, pray, shaum, and say kalimah thayyibah. Horizontal forms are the relationship between human and each other, as program Teman Asuh, zakat fithrah, qurban, and visiting orphanages.

References


Al-Baihaqi, Ahmad bin Husain bin Ali. Cetakan pertama 1344 H. As-Sunan Al-Kubra Li Al-Baihaqy. Al-Maktabah As-Syamilah 2.11.

Arafat, Nurul. 2015. Analisis Pendidikan Karakter Religius dan Disiplin pada Anak Usia Sekolah Dasar. Naskah Publikasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Depiyanti, Oci Melissa. 2012. Model Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School (Studi Deskriptif pada SD Cendekia Leadership School, Bandung. Jurnal Tarbawi Vol. 1 No. 3 September.

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Bahan Pelatihan: Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, et. Al. 2009. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2014. Pengembangan Kurikulum PAI di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanctrock, J.W. 2011. Masa Perkembangan Anak Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Sismanto. 2008. Pesanteran VS Full Day System. [on line] http://buntetpesantren.org/index.php?option=com_content&view=article&id=265:pesantren-vs-full-day-system&catid=16:opini&Itemid=40. [20 Januari 2016].

Tafsir, Ahmad. 2010. Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. 2013. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v1i2.384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Iqbal Ansari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.