UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA MELALUI BUDAYA LITERASI DI SDIT QURRATA A’YUN KANDANGAN

Shinta Ramadhini, Barsihanor Barsihanor, Muhammad Fahmi Arifin, Abdul Hafiz

Abstract


Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan upaya menumbuhkan minat baca siswa melalui budaya literasi di SDIT Qurrta A’yun Kandangan. Metode penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum Sekolah, Waka Kesiswaan Sekolah, Kepala Perpustakaan, Koordinator Perpustakaan, Guru, Siswa dan Orang tua. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan penelitia adalah reduksi data, display data, dan penerikan kesimpulan. Peneliti menggunakan trianggulasi Teknik dan trianggulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya menumbuhkan minat baca siswa melalui budaya literasi di SDIT Qurrata A’yun Kandangan dengan upaya melalui kegiatan: 1) Penyediaan buku, 2) Jadwal Literasi, 3) Membuat Mading, 4) Reward, 5) Pojok Baca, dan 6) Perpustakaan Keliling. Faktor pendukung upaya menumbuhkan minat baca siswa melalui budaya literasi di SDIT Qurrata A’yun Kandangan adalah 1) Buku-buku Baru, 2) Motivasi Guru, 3) Fasilitas, 4) Lingkungan, dan 5) Motivasi Orang tua. Faktor penghambat upaya menumbuhkan minat baca siswa melalui budaya literasi di SDIT Qurrata A’yun Kandangan adalah 1) Buku yang tidak diperbaharui, 2) Gadget, 3) Waktu yang tidak mencukupi dan 4) Kurangnya dukungan orang tua.

EFFORTS TO FOSTER STUDENTS’ INTEREST THROUGH LITERACY CULTURE AT SDIT QURRATA A’YUN KANDANGAN

Abstract: This study aims to describe the efforts to foster students 'reading interest through literacy culture at SDIT Qurrta A'yun Kandangan. This research uses a qualitative approach, a case study type with the subject of the Principal, School Curriculum Deputy, School Student Assistant, Head of the Library, Library Coordinator, Teachers, Students and Parents. Data collection was carried out through observation, interviews and documentation. The analysis technique used in this research is data reduction, data display, and conclusion. Researchers used technical triangulation and source triangulation to obtain data validity. Based on the results of the study, it can be concluded that the effort to foster students' reading interest through literacy culture at SDIT Qurrata A'yun Kandangan through the following activities: 1) Provision of books, 2) Schedule of Literacy, 3) Making Wallings, 4) Rewards, 5) Reading Corner and 6) Mobile Library. The supporting factors for the efforts to foster students 'reading interest through literacy culture at SDIT Qurrata A'yun Kandangan are 1) New Books, 2) Teacher Motivation, 3) Facilities, 4) Environment, and 5) Parents' Motivation. The inhibiting factors in trying to foster students' interest in reading through literacy culture at SDIT Qurrata A'yun Kandangan are 1) books that are not updated, 2) gadgets, 3) insufficient time and 4) lack of parental support.


Keywords


Menumbuhkan; Minat Baca; Budaya Literasi, Cultivating, Reading Interest, Literacy Culture

Full Text:

PDF

References


Al Baihaqi, Abu Fathan Al Baihaqi (2013), Mushaf Khadijah, Jakarta: CV AlFatih Berkah Cipta.

Andi Prastowo, (2013). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional, Jogjakarta: Diva Press.

Arumsari, Riskha. (2017). Peran Perpustakaan Keliling dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Desa Kepek Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Skripsi pada Universitas Diponegoro.

Astriati, Puspo. (2016). Minat Baca di Perpustakaan SD Negri Glagah Yogyakarta, Skripsi pada Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Dalman, (2013). Keterampilan Membaca, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daroini, Ahmad Islahud. (2018). Tafsir Ayat Pendidikan Dalam Q.S Al-‘Alaq Ayat 1-5 Menurut Quraish Shihab, Skripsi pada Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung.

Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta:Bumi Aksara.

Galuh Ayu Puspita, Irwansyah, Pergeseran Budaya Baca dan Perkembangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia, Jurnal Bibliotika, 2 (1), 13.

Hamdani, (2019, November 6). laporan “World’s Most Literate Nations”, Indonesia Darurat Literasi Membaca, dikutip dari kompasiana: https://www.google.com/ kompasiana.com.

Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ibn Katsir Al-Dimisqi, Abu Fida Al-Hafiz. (2002). Tafsir Al-Qur’an Al-‘Adzim, Jilid 4, Beirut:Dar Al-Fikr.

Imamnugroho. Satrio. Dan Isywati, Roro. (2019). Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik SDN Kuripan LOR 01 Kota Pekalongan, 2.

Imran dkk, Budaya Literasi Melalui Program GLS Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa SD Negri Melayu, Jurnal Penelitian dan Penalaran, 4 (1), hlm. 702.

Islahud Daroini, Ahmad. (2018). Tafsir Ayat Pendidikan Dalam Q.S Al-‘Alaq Ayat 1-5 Menurut Quraish Shihab, Skripsi Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung.

Kemendikbud. (2016). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah, Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2019). Panduan Gerakan Literasi Nasional, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kholianti, (2011). Hubungan Antara Frekuensi Kunjung Sekolah dengan Minat Baca Siswa Kelas IV di SDN 3 Sentulo.gan, Skripsi: PGSD Universitas Negri Yogyakarta.

Khotimah, Khusnul dkk. (2019). Pelaksanaan Gerakan Lierasi Sekolah, Jurnal Pendidikan, 3 (11), 1448-1498.

Laksono, Kisyani. dkk. (2016). Manual Pendukung Gerakan Literasi Sekolah, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Latifah Eka Putri, Lutfatul. (2017). Pengaruh Pemberian Reward Pada Pola Pembinaan Minat Baca Pemakai di Taman Baca Masyarakat Lentera Hati Desa Sukomangli Kecamatan Reban Kabupaten Batang, Skripsi pada Universitas Diponegoro.

Ma’mur, Lizamudin. (2010). Membangun Budaya Literasi: Meratus Komunitas Global, Jakarta: Diadit Media.

Ma’mur, Lizamudin. (2010). Membangun Budaya Literasi: Meratus Komunitas Global, Jakarta: Diadit Media.

Maulidah, Ira Nur. (2017). Upaya Stategi Peningkatan Minat Membaca Siswa Kelas 1B Tema 8 Subtema 2 Bahasa Indonesia SDN Krebet Bululawang Malang, Skripsi pada Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mitasari, Lea Sakti, (2018), Peran Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis dan Menulis Siswa Kelas Atas di SDN Gumpang 1, Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mustolehudin. (2011), Tradisi Baca Tulis dala Islam Kajian Terhadap Teksi Al-Qur’an Surah Al-‘Alaq Ayat 1-5. Jurnal “Analisa, 148-149.

Musfiroh, T., & Listyorini, B. (2016). Konstuk Kompetensi Literasi Untuk Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Literasi, 15 (1).

Nufuz, Ade. (2018). Gerakan Literasi dan Dampaknya Terhadap Pengembangan Perpustakaan Sekolah Luar Biasa Negri 1 Yogyakarta, Tesis pada Universitas Islam Kalijaga, Yogyakarta.

Oktaviani, Anisa. (2019, Oktober 07). Pemberian Reward kepada siswa yang sering membaca dan meminjam buku di perpustakaan sekolah. (Shinta Interviewer).

Perpustakan Nasional. (2012). Standar Nasional Perpustakaan, Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Prastowo, Andi. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Jogjakarta: DIVA Press.

Prastowo, Andi. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Puspita, Galuh Ayu, Irwansyah. (2018). Pergeseran Budaya Baca dan Perkembangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia, Jurnal Bibliotika, 2 (1), 13.

Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara.

Rodrigo, Victoria dkk. (2014). Changes in Reading Habits by Low Literate Adults though Extensive Reading, Reading in Foreign Language, 26 (1), 73-91.

Rofi`uddin, Moh Adib. (2017). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di SMP Negeri 3 Pati, Skripsi pada Universitas Diponegoro.

Sari, Nia Permata. (2016). Mading Sebagai Sarana Literasi Informasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di Perpustakaan SDN Percobaan 3 Pakem, Skripsi pada Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogjakarta.

Sholihin, Lukman. dkk. (2019). Indeks Aktvitas Literasi Membaca 34 Provinsi, Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono, (2014), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suherman. (2009). Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah, Bandung: MQS Publishing.

Safilla, Yanita. (2014). Peran Perpustakaan SD An-Nisaa’ Dalam Meningkatkan Literasi Informasi, Skripsi pada Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wulandari, Ranti. (2017). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Hakim Internasional, Jurnal Kebijakan Pendidikan, Nomor 3 (VI), 321.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.3599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Shinta Ramadhini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.