PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK DENGAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BASA SUNDA KELAS III SD/MI
(1) Universitas Ibn Khaldun Bogor
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Dilaksanakanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran dan mengetahui bagaimana proses pengembangan modul pembelajaran berbasis saintifik dengan metode bermain peran pada mata pelajaran Basa Sunda III SD/MI. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan Sugiyono. Instrumen penilaian untuk mendapatkan data berupa lembar penilaian validasi modul pembelajaran yang dilaksanakan oleh tiga pakar/ahli yaitu: ahli materi, ahli Bahasa dan ahli desain. Diperoleh persentase kelayakan pada modul pembelajaran dengan persentase ahli materi sebesar 90,3% dengan kategori “sangat baik” tidak revisi, hasil penilaian ahli Bahasa 71,1% dengan kategori “baik” tidak revisi, hasil penilaian ahli desain 84,3% dengan kategori “sangat baik” tidak revisi. Dapat disimpulkan berdasarkan penilain validasi pakar/ahli (materi, Bahasa dan desain) pengembangan modul pembelajaran berbasis saintifik dengan metode bermain pada mata pelajaran Basa Sunda kelas III SD/MI dinyatakan valid atau baik diterapkan untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi pada siswa.
DEVELOPMENT OF SCIENTIFIC BASED LEARNING MODULES WITH
ROLE-PLAYING METHODS IN SUNDANESES CLASS III SD/MI
Abstract: The implementation of this research aims to determine the feasibility of the learning module and to find out how the process of developing a scientific-based learning module with the role-playing method in Sundanese III SD / MI subjects. This study used the Research and Development (R&D) method using the Sugiyono development research model. The assessment instrument for obtaining data was in the form of a learning module validation assessment sheet carried out by three experts, namely: material experts, linguists and design experts. The percentage of eligibility in the learning module was obtained with a percentage of material experts of 90.3% with the category "very good" not revised, the results of the assessment of language experts 71.1% with the category of "good" not revised, the results of the design expert's assessment of 84.3% with the category "Excellent" no revision. It can be concluded that based on expert/expert validation assessment (material, language, and design), the development of a scientific-based learning module with the playing methods in Sundanese class III SD / MI is declared valid or well applied to assist teacher in providing material to students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditia, M. Taufik & Muspiroh, N. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat Dan Islam (Salingtemasis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X Di SMA NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Scienticie Education, 2(2), 1-20.
Budi, A. S. (2019). Pengembangan Modul Metode Bermain Peran Tradisional Anak Untuk Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 4 Subtema 1. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Damayanti, Irma. (2017). Pengembangan Modul Berorientasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Siswa Kelas XI MA Syech Yusuf. Skripsi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makasar.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Fadhilaturrahmi, F. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik di Sekolah Dasar. Eduhumaniora / Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7078
R. Dina Mulyasari- Salati Asmahasanah -Suyud Ari f. (2019). Attadib Journal Of Elementary Education, Vol. 3 (1), Juni 2019. 3(1).
Nilasari, E., Djatmika, E., & Santoso, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan-Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1399-1404. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6583
Nurdiyansyah & Musiqon. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Siduarjo: Nizamia Learning Center.
Nurdiyansyah & Musiqon. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Siduarjo: Nizamia Learning Center.
Samsiah, Hidayah dan Salati. (2018). Pengaruh Pendekatan Kooperatif Tipe Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Attadib Journal Of Elementary Education, Vol. 2 (1).
Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA
Susilo, Agus. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikatif Dan Mencipta Siswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi. Tesis Universitas Sebelas Maret Sukarta.
Wulandari, C. (2018). Estimasi Validasi Dan Respon Siswa Terhadap Bahan Ajar Multi Representasi: Definitif, Makroskopis, Mikroskopis, Simbolik Pada Materi Asam Basa. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 52. https:// doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2498.
Yansyah, N. F., Asmahasanah, S., & Hakiem, H. (2019). Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Lingkungan. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 2(1), 40. https://doi.10.33603/v2i1.2349
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.3578
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Pitri Rahayu noona
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.