PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERMUATAN LOKAL BAGI MAHASISWA PGSD

Rista Sundari(1*), Tri Karyono(2), Zakarias Soeteja(3)

(1) Universitas Islam Negeri Walisongo
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Tujuan penulis melakukan penelitian yaitu untuk membuat bahan ajar berupa buku pengayaan berbasis kearifan lokal. Materi bahan ajar kearifan lokal yang digunakan penulis yaitu “Payung Geulis Kriya Tasikmalaya”. Lokasi penelitian berada di Jln. Panyingkiran, kota Tasikmalaya. Keterbatasan bahan ajar untuk mahasiswa PGSD yang berisi muatan lokal merupakan salah satu alasan penulis membuat buku pengayaan. Metode yang digunakan penulis merupakan metode R&D (Research and Development) dengan melakukan uji validasi oleh para ahli. Materi yang diuraikan dalam  isi buku yaitu: latar belakang payung geulis Tasikmalaya, fungsi, alat dan bahan, proses pembuatan, motif hias serta proses dan teknik membuat motif hias. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar berupa buku pengayaan ini layak untuk digunakan dan dapat di pahami dengan baik oleh mahasiswa PGSD.

THE DEVELOPMENT OF LOCAL WISDOM ENHANCEMENT BOOK
FOR PGSD STUDENTS

Abstract: The author’s aim to conduct this study is to make teaching material in the form of enrichment textbook based on local wisdom. The material of teaching material based on local wisdom used by the author is “Payung Geulis Kriya Tasikmalaya”.  The location of study Panyingkiran Street, Tasikmalaya City.  The limitation of teaching material for PGSD  students  which contain local wisdom is one reason of the author to make enhancement book.  The research method used by the author is R&D (Research and Development) by doing validation test by the experts. The material elaborated in the book content are: the background of payung geulis Tasikmalaya, its function, equipment and material, the making process,  decoration motive, and process and technique to make decoration motive.  Based on result of study, teaching material is the form of enrichment textbook is deserved to be used and can be understood well by PGSD students.


Keywords


buku pengayaan, pendidikan seni rupa, kearifan lokal, Enrichment Textbook, local content, fine art education

Full Text:

PDF

References


Ardipal. (2006). Peningkatan Apresiasi dan Kreasi Seni Vokal Siswa Sekolah Umum dengan Latihan Pembentukan Suara. 7(1), 114.

Batubara, H. H. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1-12.

Budiwirman. (2005). Pendidikan Seni Tradisional dalam Seni Rupa Modern. 6 (2), 63.

Creswell, J. W (2017) Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, kuantitatif dan Campuran, Yogyakarta. Pustaka Pelajar, 100.

Damajanti, I. (2006). Psikologi Seni. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Desnita, D., Fadilah, N., & Budi, E. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Kajian Fisis Peristiwa Angin Puting Beliung untuk Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 97-104.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Faizah, dkk. (2014). Pengembangan Buku Pengayaan Echinodermata Berstrategi PQ4R. 3 (3). 616- 620.

Garha, O dan Idris, M. (1979). Seni Rupa Program Spesialisasi I. Jakarta. C.V. Angkasa.

Iriani, Z. (2007). Upaya Guru Memotivasi Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar. 8(1),53.

Kusumo, Glena. (2018) Panduan Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan Bahan Ajar 2017.http://docplayer.info/52565746-panduan-penyusunan-perangkat-pembelajaran-bahan-ajar-2017.html

Lubis, M. A., Desnita, D., & Permana, A. H. (2016, October). PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN †œKAJIAN FISIS BATUBARA†UNTUK SISWA SMA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) (Vol. 5, pp. SNF2016-RND).

Pribadi, B. A., & Sjarif, E. (2010). Pendekatan konstruktivistik dan pengembangan bahan ajar pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal pendidikan terbuka dan jarak jauh, 11(2), 117-128.

Ramanto, M. (2003). Peran Guru Kesenian dalam Meningkatkan Apresiasi Seni Masyarakat. 4 (2 ), 161.

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44-52.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, S. (2007). Pengembangan materi dan kegiatan pembelajarannya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan bidang seni musik. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 8(3).

Suryani, A. S., & Atun, S. (2017). Pengembangan Buku Pengayaan Kimia Reaksi Redoks dan Elektrokimia untuk SMA/MA Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pembelajaran Kimia, 6(1), 47-54.

Uno dan Hamzah B. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yeni, I. (2007). Pembelajaran Apresiatif Seni Budaya (seni Musik) Menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Kota Padang. 8 (1), 18.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.3334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rista Sundari, Tri Karyono, Zakarias Soeteja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.