ANAK DI KELUARGA BERMASALAH: PRESTASI BELAJAR DAN PERKEMBANGANNYA

Roudlotul Jannah(1*), Puji Arianti(2)

(1) IAIN Salatiga
(2) IAIN Salatiga
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Kajian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar dan perkembangan apa saja yang bermasalah pada siswa MI dan kondisi seperti apa saja di keluarganya sehingga membuat prestasi belajar dan perkembangan anak itu berbeda dari teman-temannya. Penelitian kualitatif ini dilakukan di sebuah MI dengan subjek seorang siswa kelas II. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan kajian ini adalah prestasi belajar siswa tersebut rendah pada aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotor (keterampilan). Perkembangan yang bermasalah yaitu pada sosioemosionalnya. Prestasi dan perkembangan yang bermasalah itu disinyalir sebagai akibat dari kondisi keluarga yang melingkupi dirinya, seperti perceraian, orang tua sambung, tidak adanya perhatian dari ayah, ibu yang jarang di rumah, bimbingan bibi yang tidak maksimal. Untuk mencapaian keberhasilan belajar perlu adanya kerja sama yang intensif antara orang tua dan guru dalam mendidik, membimbing, dan mengawasi perkembangan anak.

CHILD IN A TROUBLED FAMILY: LEARNING ACHIEVEMENT
AND DEVELOPMENT

Abstract: The research aims to know what problems happen in student’s achievement and development then how is the family that influences child’s achievement different to others. This qualitative research is conducted to one student in the second grade of elementary school. To collect the data researcher uses interview, observation, and documentation. The finding of this study shows that child’s achievement is low in the aspect of cognitive, affective, and psychomotor. The problem of development occurs to the socioemotional. Complicated child’s achievement and development allegedly as the effect of family conditions such as divorce, step father, lack of attention from father, mother who is rarely at home, and aunt’s assistance that is not optimal. To get success in achievement needs the cooperation between parent and teacher in educating, guiding, and monitoring child’s development.


Keywords


keluarga bermasalah, prestasi belajar, perkembangan,troubled family, learning achievement, development

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. F., (2017). Model Kerjasama Tripusat Pendidikan dalam Pendidikan Karakter Siswa, Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 3 (1), 78-86.

Ayun, Q. (2016). Pendidikan dan Pengasuhan Keluarga dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Perspektif Psikologi Perkembangan Islam, Attarbiyah, 26, 91-118.

Ayuwanty, F., Mulyana, N., Zainuddin, M. (2018). Prestasi Belajar Anak Dengan Orang Tua Tunggal, Jurnal Pekerjaan Sosial, 1 (2), 148-157.

Barsihanor, (2015). Kerjasama antara Sekolah dan Keluarga dalam Pendidikan Karakter, Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1 (1), 54-69.

Ginanjar, M. H. (2013). Keseimbangan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak, Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 2, 230-242.

Hafiz A., & Noor, H., (2016). Pendidikan Anak dalam Perspektif Alquran, Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1 (2), 112-127.

Haryanie, S. W., Filiani, R., Hanim, W. (2013). Dampak Perceraian Orang Tua terhadap Emosi Anak, Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2 (1), 100-106.

Hornby, G. (2011). Parental Involvement in Childhood Education. London: Springer.

Jannah, M. (2018). Konsep Keluarga Idaman dan Islami, Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4 (2), 87-102.

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya, Academica, 1 (2), 186-196.

Levine, L. E. & Munsch, J. A. (2016). Child Development, SAGE Publications.

Muhyidin, A. (2016). Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia di Kelas Awal, BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15 (2), 1-12.

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak, KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6 (1), 1-17.

Sanders, M. R. & Morawska, A. (2018). Handbook of Parenting and Child Development Across the Lifespan, Brisbane: Springer.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology, New York: McGrawHill.

Slavin, E. S. (2000). Educational Psychology, Boston: Allyn and Bacon.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syamsudduha, St. (2017). Partisipasi Orangtua dalam Pendidikan Anak di Sekolah pada SD IT Al-Fityan Kabupaten Gowa, Jurnal al-Kalam, IX (2), 141-158.

Undang-undang RI Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yusuf, MY., M. (2014). Dampak Perceraian Orang Tua terhadap Anak, Jurnal Al-Bayan, 20. (29), 33-44.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.3120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Roudlotul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.