ANAK DI KELUARGA BERMASALAH: PRESTASI BELAJAR DAN PERKEMBANGANNYA
(1) IAIN Salatiga
(2) IAIN Salatiga
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Kajian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar dan perkembangan apa saja yang bermasalah pada siswa MI dan kondisi seperti apa saja di keluarganya sehingga membuat prestasi belajar dan perkembangan anak itu berbeda dari teman-temannya. Penelitian kualitatif ini dilakukan di sebuah MI dengan subjek seorang siswa kelas II. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan kajian ini adalah prestasi belajar siswa tersebut rendah pada aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotor (keterampilan). Perkembangan yang bermasalah yaitu pada sosioemosionalnya. Prestasi dan perkembangan yang bermasalah itu disinyalir sebagai akibat dari kondisi keluarga yang melingkupi dirinya, seperti perceraian, orang tua sambung, tidak adanya perhatian dari ayah, ibu yang jarang di rumah, bimbingan bibi yang tidak maksimal. Untuk mencapaian keberhasilan belajar perlu adanya kerja sama yang intensif antara orang tua dan guru dalam mendidik, membimbing, dan mengawasi perkembangan anak.
CHILD IN A TROUBLED FAMILY: LEARNING ACHIEVEMENT
AND DEVELOPMENT
Abstract: The research aims to know what problems happen in student’s achievement and development then how is the family that influences child’s achievement different to others. This qualitative research is conducted to one student in the second grade of elementary school. To collect the data researcher uses interview, observation, and documentation. The finding of this study shows that child’s achievement is low in the aspect of cognitive, affective, and psychomotor. The problem of development occurs to the socioemotional. Complicated child’s achievement and development allegedly as the effect of family conditions such as divorce, step father, lack of attention from father, mother who is rarely at home, and aunt’s assistance that is not optimal. To get success in achievement needs the cooperation between parent and teacher in educating, guiding, and monitoring child’s development.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. F., (2017). Model Kerjasama Tripusat Pendidikan dalam Pendidikan Karakter Siswa, Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 3 (1), 78-86.
Ayun, Q. (2016). Pendidikan dan Pengasuhan Keluarga dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Perspektif Psikologi Perkembangan Islam, Attarbiyah, 26, 91-118.
Ayuwanty, F., Mulyana, N., Zainuddin, M. (2018). Prestasi Belajar Anak Dengan Orang Tua Tunggal, Jurnal Pekerjaan Sosial, 1 (2), 148-157.
Barsihanor, (2015). Kerjasama antara Sekolah dan Keluarga dalam Pendidikan Karakter, Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1 (1), 54-69.
Ginanjar, M. H. (2013). Keseimbangan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak, Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 2, 230-242.
Hafiz A., & Noor, H., (2016). Pendidikan Anak dalam Perspektif Alquran, Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1 (2), 112-127.
Haryanie, S. W., Filiani, R., Hanim, W. (2013). Dampak Perceraian Orang Tua terhadap Emosi Anak, Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2 (1), 100-106.
Hornby, G. (2011). Parental Involvement in Childhood Education. London: Springer.
Jannah, M. (2018). Konsep Keluarga Idaman dan Islami, Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4 (2), 87-102.
Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya, Academica, 1 (2), 186-196.
Levine, L. E. & Munsch, J. A. (2016). Child Development, SAGE Publications.
Muhyidin, A. (2016). Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia di Kelas Awal, BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15 (2), 1-12.
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak, KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6 (1), 1-17.
Sanders, M. R. & Morawska, A. (2018). Handbook of Parenting and Child Development Across the Lifespan, Brisbane: Springer.
Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology, New York: McGrawHill.
Slavin, E. S. (2000). Educational Psychology, Boston: Allyn and Bacon.
Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syamsudduha, St. (2017). Partisipasi Orangtua dalam Pendidikan Anak di Sekolah pada SD IT Al-Fityan Kabupaten Gowa, Jurnal al-Kalam, IX (2), 141-158.
Undang-undang RI Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, MY., M. (2014). Dampak Perceraian Orang Tua terhadap Anak, Jurnal Al-Bayan, 20. (29), 33-44.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.3120
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Roudlotul Jannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
bocoran pola spin mahjong wins 3 di koi800 viral di grup facebook karena bisa tembus jackpot besar
strategi jitu main mahjong ways di koi800 bermodal 10ribu auto jadi saldo jutaan viral di tiktok
netizen heboh trik mahjong wins 3 dengan jam gacor pagi dinihari auto meledak saldo
tips main mahjong ways di koi800 dengan setelan auto spin bikin pengguna baru auto jp
warga bandung bongkar rumus spin mahjong wins 3 setiap malam dan berhasil bawa pulang jackpot
viral pola rahasia mahjong ways dari komunitas online bisa bikin saldo naik drastis di koi800
anak kost di yogyakarta buktikan trik jam gacor mahjong wins 3 bikin tarik saldo harian naik
influencer ungkap tips main mahjong ways supaya menang terus di koi800 tanpa modal besar
pola spin acak mahjong wins 3 yang lagi trending di komunitas bikin pemain pemula auto heboh
bocoran strategi mahjong ways ala konten kreator koi800 ini disebut bikin auto saldo menggila
pemuda di cikarang bagi tips main mahjong wins sampai 3 kali jp dalam seminggu pakai pola ini
jam gacor mahjong ways yang sering dibocorkan di group wa ternyata benar benar bisa menang banyak
pola spin mahjong wins 3 di koi800 yang disebut paling gacor dan jarang diketahui pemain pemula
bocoran tips trik main mahjong ways dari pemain lama bisa bikin kemenangan naik tiap sesi spin
viral cara main mahjong wins dengan rumus pola tertentu bikin netizen ramai coba sendiri
netizen bongkar jam gacor terbaik mahjong ways di koi800 bikin saldo naik dalam 10 menit
tips dan trik pemain berpengalaman dalam main mahjong wins 3 bisa bikin modal kecil auto besar
pola spin terbaru mahjong ways yang mulai banyak dicari karena sering bikin saldo meledak
rahasia strategi auto spin di mahjong wins dengan setting khusus bikin netizen kaget karena jp
pengguna koi800 ceritakan perjalanan menang mahjong wins dari pakai rumus dan jam gacor ini
warga bandung ungkap trik bermain mahjong wins 3 dengan jam gacor gojek800
tips penting dari mahasiswa ui soal pola mahjong ways di gojek800
bocoran strategi mahjong wins 3 dari karyawan kantoran jakarta
jam gacor mahjong ways versi komunitas gamer surabaya di gojek800
temuan rumus baru mahjong wins 3 bikin warga semarang heboh
cara anak malang mengatur pola spin di mahjong ways ala gojek800
ibu rumah tangga berbagi trik mahjong wins 3 saat jam gacor tiba
strategi mahjong ways gojek800 yang dipakai pekerja shift malam
kisah siswa smk di tangerang raih jackpot mahjong dengan rumus langka
warga depok berbagi bocoran tips mahjong ways saat istirahat kerja
mahasiswa bali bongkar jam gacor mahjong wins 3 di gojek800
tips mahjong ways dari komunitas online bekasi di sela wfh
pola spin mahjong yang dipakai content creator tiktok gojek800
rahasia pekerja freelance jakarta raih hadiah mahjong ways
rumus spesial mahjong wins 3 dari sesi pagi pukul 08 09
pelajar sma dapat hadiah dari pola spesifik mahjong di gojek800
analisis jam gacor mahjong ways menurut forum malam jumat
trik mahjong ala anak kost jogja bikin netizen penasaran
kisah driver online dapat spin beruntun di mahjong wins gojek800
pola rahasia mahjong ways dari diskusi grup facebook terungkap