PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI VIRUS CORONA
(1) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
(2) STAI Barumun Raya Sibuhuan
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pengalaman menggunakan video tutorial untuk mendukung kegiatan pembelajaran daring di masa pendemi virus corona dan respons mahasiswa terhadap penggunaan video tutorial. Metode penelitian ini menerapkan metode kuantitatif deskriptif. Instrumennya adalah angket yang dikembangkan dari teori difusi inovasi Rogers. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penggunaan video tutorial sebagai media pembelajaran terdiri dari empat tahap, yaitu: persiapan, perekaman, penyelesaian akhir, dan implementasi. Respons mahasiswa terhadap penggunaan video tutorial telah memperoleh skor 4,09 yang berarti baik. Penilaian respons tersebut meliputi: keuntungan relatif yang bernilai 4,29 (sangat baik), kesesuaian yang bernilai 4,20 (baik), kerumitan yang bernilai 3,83 (baik), ketercobaan yang bernilai 3,84 (baik), dan keteramatan yang bernilai 4,28 (sangat baik).
THE USE OF TUTORIAL VIDEO TO SUPPORT ONLINE LEARNING IN PANDEMIC VIRUS CORONA
Abstract: This article aims to explain the experience of using tutorial videos to support online learning activities during the coronavirus epidemic and student responses to the use of tutorial video. This research method applies a descriptive quantitative approach. The instrument is a questionnaire developed from Rogers' diffusion innovation theory. The results of this study indicate that the process of using tutorial video as a learning medium consists of four stages, namely: preparation, recording, completion, and implementation. Student responses to the use of video tutorials have obtained a score of 4.09, which means good. The response assessment included aspects of relative advantage valued at 4.29 (very good), compatibility valued at 4.20 (good), complexity valued at 3.83 (good), trialability valued at 3.84 (good), and observability valued 4.28 (very good).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmara, A. P. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual tentang pembuatan koloid. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 15(2), 156–178.
Bates, A. W. (2019). Teaching in a Digital Age -Second Edition (2 ed.). Tony Bates Associates Ltd.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47-66.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2019). Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif Di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46.
Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2017). Implementasi Flipped Classroom Dengan Video Tutorial Pada Pembelajaran Fotografi Komersial. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 2(1), 20–36.
Fajar, I., Kamal, N., Faisal, D., Ds, S., & Ds, M. (2017). Perancangan Video Promosi Cafe Ombewok. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(2).
Haryadi, R., Vita, M., Utami, I. S., Ihsanudin, I., Setiani, Y., & Suherman, A. (2019). Briquettes production as teaching aids physics for improving science process skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 32006.
Khairi, A. (2014). Pengembangan Video Tutorial Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Berbasis IT Untuk Mahasiswa PGSD Universitas Bung Hatta. Jurnal CERDAS Proklamator, 2(2), 133–144.
Labasariyani, N. L. P., & Marlinda, N. (2014). Penggunaan video pembelajaran sebagai alat bantu dalam mempersiapkan bahan ajar kalkulus I untuk mahasiswa STIMIK STIKOM Indonesia. Jurnal S@ CIES, 5, 1–3.
Mandalika, M., & Syahril, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Indonesia. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), 85–92.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi (Terjemahan). Pustaka Press.
Munir. (2013). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan (Vol. 2). Alfabeta.
Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 136–143.
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (Fifth). Free Press.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sutrisno, S., & Pratama, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi Siswa Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Tonjong. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(2), 1–6.
Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK. TAMAN VOKASI, 6(1), 68–76.
Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(1), 154–160.
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35–43.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91–100.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Hamdan Husein Batubara, Delila Sari Batubara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.