PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS I DI SDIT ROBBANI BANJARBARU

Abdul Khaliq(1*), Barsihanor Barsihanor(2), Tutus Rani Arifa(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap keterampilan menyimak siswa kelas I di SDIT Robbbani Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen berupa Quasi Eksperimental dan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDIT Robbani Banjarbaru. Jumlah sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 61 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test atau Uji t yang sebelumnya sudah melalui uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 81,33 dan nilai rata-rata post-test adalah 87,67. Pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 71,29 dan nilai rata-rata post-test adalah 83,06. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,023 < 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka tangan berpengaruh terhadap keterampilan menyimak siswa kelas I di SDIT Robbbani Banjarbaru. 

 

EFFECT OF USING HAND DOLL MEDIA TOWARDS THE SKILL OF STUDENTS IN CLASS IIN SDIT ROBBANI BANJARBARU

 

Abstract: This study aims to determine the effect of using hand puppet media on the listening skills of first-grade students at SDIT Robbbani Banjarbaru. This research uses a quantitative approach with the type of experimentation in the form of Quasi-Experimental and Nonequivalent Control Group Design. The population of this research is all of the first-grade students of SDIT Robbani Banjarbaru. The number of samples taken using a purposive sampling technique amounted to 61 students. The instrument used was a multiple-choice test. The data analysis technique used is the independent sample t-test or t-test that has previously been tested for homogeneity and normality tests. This study's results indicate that the experimental group obtained the mean of the pre-test score was 81.33, and the mean of the post-test score was 87.67. In the control group, the mean pre-test score was 71.29, and the mean of the post-test score was 83.06. Hypothesis test results indicate that the significance value of 0.023 <0.05. Based on the results of the hypothesis test, it can be concluded that the use of hand puppet media influences the listening skills of first-grade students at SDIT Robbbani Banjarbaru.

Keywords


Media Boneka Tangan, Keterampilan Menyimak, Hand Puppet Media, Listening Skills

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar, (2017). Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Gravindo Persada

Bachri, S Bachtiar. (2005) Pengembangan Kegiatan Bercerita, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Chrisyarani, D. D. (2018). Pengembangan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita untuk Siswa Kelas V SDN Sudimoro 2 Kabupaten Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1).

Dhieni, Nurbiana (2005) Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta: Universitas Terbuka

Fakhrudin, Ali (2015) Pengembangan Media Boneka Tangan pada Tema Lingkungan Kelas II SD Negeri 02 Medayu Kabupaten Pemalang, Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Uns & Ispi Jawa Tengah

Istiqomah, Titik Nur, (2015) ”Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Siswa Kelas II SD Negeri Kotagede 3 Yogyakarta”, Skripsi, pada Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Tidak dipublikasikan.

Nashihah, Durrotun. (2017). “Pengembangan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri kelas II SDN Ngadirejo 3 tahun pelajaran 2016/2017”, Jurnal, Simki-Pedagogja, 1(02).

Pebriana, U., Ekowati, D. W., & Fantiro, F. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyimak melalui Model Pembelajaran Artikulasi dan Media Boneka Tangan pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN Pejok II Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2).

Prananta, Y. R., Setyosari, P., & Santoso, A. (2017). Pengembangan Media Boneka Tangan Berbasis Digital Storytelling . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5).

Sanjaya, Wina, (2009) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Sudarmadji, dkk. (2010). Teknik Bercerita, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Sugiyono. (2016) Model Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. (2019). Pengaruh Bercerita Berbantuan MediaBoneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER ), 2(1).

Widowati, D. A. (2016). Pengaruh Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Kelas II B SD Negeri Margoyasan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 27 Tahun ke-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdul Khaliq, Barsihanor, Tutus Rani Arifa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.