PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS INFOGRAFIS PADA TEMA EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

Haidhar Reizal(1*), Agustiningsih Agustiningsih(2), Fajar Surya Hutama(3)

(1) Universitas Jember
(2) Universitas Jember
(3) Universitas Jember
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku ajar berbasis infografis pada tema 5 ekosistem subtema 1 komponen ekosistem pada kelas 5 SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (research and development). Kelayakan produk buku ajar berbasis infografis diukur berdasarkan validitas buku, efektivitas buku dan respons siswa. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VD SDN Jember Lor 01, siswa kelas VA SDN Jember Lor 02 dan siswa kelas V Ustman SDIT Harapan Umat. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah validasi dan kueisioner. Berdasarkan hasil analisis validasi didapatkan persentase dari validator ahli sebesar 92,6% dan dapat dikatakan sangat valid. Keefektivitasan buku ajar berdasarkan angket hasil belajar siswa didapatkan persentase sebesar 80%, 82% dan 84%. Buku ajar infografis mendapat respons positif dengan persentase 100%, 100% dan 97,7%. Berdasarkan hasil tersebut buku ajar berbasis infografis sudah memenuhi aspek untuk dapat digunakan sebagai buku ajar.

INFOGRAPHIC BASED TEXTBOOK DEVELOPMENT IN THE ECOSYSTEM THEME TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN 5THCLASS ELEMENTARY SCHOOL

Abstract: This research developed an infographic-based textbook on subtheme 1: ecosystem component of theme 5: an ecosystem in 5th grade of elementary school. The research type used R&D (research and development). Infographic-based textbook’s properness measured by book validation, book effectivity, and students’ responses. The subject of this research was V grade students D class from SDN Jember Lor 01, V grade students B class from SDN Jember 02, and V grade student Ustman class from SDIT Harapan umat. This research used validation and questionnaire as data collection methods. From the data analysis, the percentage obtained from validator was 92,6%, and it could be concluded as very valid. The infographic-based textbook effectivity based on student learning outcomes questionnaire, the percentage that obtained were 80%, 82%, and 84%. The infographic-based textbook got a positive response, with a percentage of 100%, 100%, and 97,7%. From the result, an infographic-based textbook fulfilled aspect to be used as a textbook.

Keywords


infografis, buku ajar, ekosistem

Full Text:

PDF

References


Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). 1st ed. ed. Hatta Al-surkief. Jember: Pena Salsabila.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 67 Tahun 2013 Tentang Kurikulum SD. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khabibah, E. N., Kuswanti , N., & Suparno, G. (2016). “Keefektifan Modul Berbasis Guided Discovery Pada Materi Respiratory System.” In Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, , 764–70.

Kurniasih, N. (2016). “Infografis.” In Komunikasi, Informasi Dan Perpustakaan Di Era Global, Jatinangor, 456–65. shorturl.at/evAWX.

Lailyn, A. N. (2018). “Pengembangan Buku Pendamping Tema 5 Subtema 1 Kelas 5 Sekolah Dasar.” University of Muhammadiyah Malang. http://eprints. umm.ac.id/id/eprint/37988.

Lestari, T. (2015). “Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Ekosistem Di Sekolah Dasar.” JPGSD 3: 1114–23.

Masyhud, M. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. 5th ed. ed. Zakiyah Tasnim. Jember.

Octaviani, Srikandi. (2017). “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar.” jurnal pendidikan dasar 9(2): 93–98. shorturl.at/chxU6.

Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2018). “Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013.” Profesi Pendidikan Dasar 3(2): 101.

Saptodewo, F. (2014). “Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik.” jurnal desain 1(3): 193–98. shorturl.at/atwCS.

Siregar, S., & Serepia, R, Sirumapea, A., & Ibrahim, M. Y. (2018). “Buku Infografis ‘ Menjaga Kelestarian Lingkungan ’ Untuk Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak - Anak.” jurnal sisfotek global 8(2): 40–48. shorturl.at/nxHO4.

Susetyo, H. R., Bahruddin, M, & Windarti, T. (2015). “Efektifitas Infografis Sebagai Pendukung Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Siswi Kelas 5 SDN Kepatihan Di Kabupaten Bojonegoro.” jurnal desain komunikasi visual 4(1). shorturl.at/jHZ49.

Umami, M., Utomo, S., & Ashadi. (2016). “Pengaruh Media Infografis Dan Poster Pada Pembelajaran Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Logika Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas Xi Ipa Semester Gasal Sma Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2015/2016.” Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret 5(3): 9–17.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Haidhar Reizal, Agustiningsih Agustiningsih, Fajar Surya Hutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.