Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat

Hamdan Husein Batubara

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Penggunaan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran matematika merupakan salah satu cara untuk memvisualisasi materi matematika yang abstrak agar mudah dipahami siswa dan dapat meningkatkan ingatannya terhadap materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media interaktif yang teruji. Metode: penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D) yang bekerjasama denga ahli media dan guru matematika Madrasah Ibtidaiyah dalam hal penilaian da mengukur pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Hasil: penelitian ini telah menghasilkan media pembelajaran interaktifyang terstandar untuk pembelajaran operasi bilangan bulat. Kesimpulan: Penggunaan media pembelajaran interaktifyang dibuat dengan menerapkan prosedur pengembangan media akan lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

English

Introduction: The Using of interactive media in mathematics learning is one way to visualize mathematics content which is abstract so that students can understand and increase their memory about mathematics content. This research aim to create good interactive multimedia. Method:Research and development design was used in this study. This study cooperated with expert people in media and Islamic elementary school mathematics teachers to try and analyze the effect of the interactive media toward students’ achievement. Result: This result of this study is standardized interactive media to increase students’ achievement in integer lesson. Conclusion :The using of interactive media which was created by media development procedures can increase students’ achievement.

References


Danoebroto. (2008). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, XI (1): 70.

Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Hawadi, Reni Akbar. 2004. Akselerasi. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Koran Pendidikan. 18-24 April, 2012. Masa Depan Indonesia Ditentukan Penguasaan Matematika, hlm. 3.

Mayer, Richard E. 2001. Multimedia Learning: Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Terjemahan oleh Teguh Wahyu Utomo. 2009. Yogyakarta: Pustaka Press.

Slavin, Robert E. Psikologi Pendidikan; Teori dan Praktik. Terjemahan oleh Marianto Samosir. 2009. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Research and Development). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v1i1.271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hamdan Husein Batubara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                  

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.