EFEKTIVITAS PENDEKATAN BRAINSTORMING TEKNIK ROUND-ROBIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Dede Salim Nahdi(1*)

(1) Universitas Majalengka
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Penulis menawarkan pendekatan Brainstorming teknik Round-Robin yang diduga dapat mengatasi permasalahan rendahnya komunikasi siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan Brainstorming teknik Round-Robin dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V se-Kecamatan Talaga dengan sampel yaitu siswa kelas VA dan VB SDN Talagawetan III. Dari dua kelas yang dipilih sebagai sampel, VA digunakan sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Brainstorming teknik Round-Robin, sedangkan kelas lainnnya sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya konvensional. Dari kedua kelompok diberikan pretes dan postes kemampuan komunikasi matematis. Data pretes, postes dan N-gain yang diperoleh diuji secara kuantitatif dengan uji perbedaan rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Brainstorming teknik Round-Robin lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Pendekatan Brainstorming Round-Robin; komunikasi matematis

Abstract: The background of this study is the low mathematical communication skills of elementary school students. The author offers a Round-Robin brainstorming approach that is thought to be able to overcome the problem of poor primary school student communication. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the Round-Robin Brainstorming approach in improving mathematical communication skills of elementary school students. The population in this study were fifth-grade students in Talaga District with a sample of VA and VB grade students at Talagawetan III SDN. The two classes selected as samples, VA was used as an experimental class that obtained learning with the Round-Robin Brainstorming approach, while the other class was a control class with conventional learning. Both groups were given mathematical communication pretest and posttest. The pretest, posttest and N-gain data obtained were tested quantitatively using the mean difference test. The results showed that increasing mathematical communication skills of students who got learning by using the Round-Robin Brainstorming approach was better than students who used conventional learning.

Keywords: Round-Robin Brainstorming approach; Mathematical Communication


Keywords


Pendekatan Brainstorming Round-Robin; komunikasi matematis

Full Text:

PDF

References


Alberta Education (2008). French as a Second Language Guide for Implementation-Grade 10 to Grade 12 (Three-Year). [online]. Tersedia: http://education.alberta.ca/media/904583/app15.pdf . [02 Februari 2019]

Ariani, D.N. (2017). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 3 (1). 96-107.

Ariani, DN.& Batubara, H.H. (2017). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dengan Strategi Heuristik Krulik dan Rudnik terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 2 (2). 41-51.

Astuti, R. (2009). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Melalui Model Reciprocal Teaching Dengan Pendekatan Metakognitif. Tesis pada SPs UPI: Tidak Diterbitkan.

Batubara, H.H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 3 (1). 12-27.

Heartland Area Education Agency 11. (2006). Strategy and Tools for Group Processing. [online]. Tersedia: http://learningteams.pbworks.com/f/Facilitation+Tools+%26+Strategies.pdf . [08 Februari 2019]

Huang, J., Normandia. (2009). “Students Perception on Communicating Mathematically: A Case Study Of a Secondary Mathematics Classroom”. The International Journal Of Learning. 16 (5).

Hutapea, N.M. (2013). Peningkatan Kemampuan Penalaran, Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Pembelajaran Generatif. Disertasi pada SPS UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Martinho, M. H dan Ponte, J.P. (2008). A Collaborative Project as a Learning Opportunity for Mathematics Teachers. The International Congress on Mathematical Education. eds 11. Monterrey.

Mialita. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X Mia di SMA Negeri 10 Palembang. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah. 7 (1).

Mulyana, T (2008). Pembelajaran Analitik Sinektik Untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi pada SPs UPI Bandung. Tidak Diterbitkan

Madio, S.S. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis pada SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Nahdi, D.S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Problem Solvinguntuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 3 (1). 6-15.

Rohmah, M.S. (2015). Pendekatan Brainstorminground-Robin Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasimatematis Siswa SMP. Infinity Journal. 4 (2). 190-196.

Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Peendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Edisi Cetak Pertama. Bandung.: Tarsito.

Sabandar, J., (2008), “Thinking Classroom” dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah, Prosiding 20 Desember 200.

Siregar, N.F. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (1). 83-96.

Suparsih. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 13 (2), 214-224.

Uyanto, Stanislaus S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yuniarti, Y. (2007). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri. Tesis pada PPs UPI: Tidak Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dede Salim Nahdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.