PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KEBUDAYAAN LOKAL MADIHIN UNTUK MENINGKAT HASIL BELAJAR

Mahmudah Mahmudah

Abstract


Abstrak: Penelitian dengan menggunakan metode yang di adaptasi dari kebudayaan lokal menjadikan pembelajaran yang menarik, selain dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, minat belajar, serta juga menambah wawasan peserta didik mengenai kebudayaan lokal di daerah tempat dia tinggal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adlah metode penelitian eksperimen jenis pottest only Control dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV MIN 9 Banjar. Hasil dari penelitian ini adalah mengolah mufrodat dalam bentuk madihin sangat efektif untuk meningkatkan keberhasilan belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan tingkat keberhasilan belajar peserta didik yang cukup memuaskan yang dapat diketahui dari indikator keberhasilan yang berupa nilai hasil belajar peserta didik dan proses pembelajaran. Proses belajar sangat menentukan hasil belajar. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada pre-test adalah 56,8, pada tes akhir siklus pertama adalah 77,8, sedangkan pada tes akhir siklus kedua adalah 81,2. Nilai hasil belajar ini tingkat keberhasilanya berada pada criteria sangat baik. Sedangkan ketuntasan peserta didik pada pre-test adalah 35% , pada siklus 1 peserta didik tuntas adalah 67,8 dan siklus 2 adalah 78,5%.

 

INSTRUCTIONAL OF ARABIC LANGUAGE BASED ON LOCAL CULTURE MADIHIN TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES

 

Abstract: Research using methods adapted from local culture makes learning interesting, in addition to improving student learning outcomes, interest in learning, and also enhances students' knowledge about the local culture in the area where he lives. The purpose of this research is to find out how this method can improve student learning outcomes. Research metods use eksperimen research with Pottest only Control, the subject of research is Student of IV Class MIN 9 Banjar.  The results of this study are processing mufrodat in the form of madihin very effective to improve the learning success of students. This is evidenced by the level of learning success of students who are quite satisfying which can be known from the indicators of success in the form of student learning outcomes and learning processes. The learning process greatly determines learning outcomes. The average value of students' learning outcomes in the pre-test was 56.8, at the end of the first cycle the test was 77.8, while at the end of the second cycle the test was 81.2. The value of learning outcomes is the level of success at very good criteria. While the completeness of students in the pre-test is 35%, in the first cycle students complete is 67.8 and cycle 2 is 78.5%.


Keywords


Pembelajaran; Bahasa Arab; Madihin, Kebudayaan Lokal, Hasil Belajar; Instructional, Arabic Language, Madihin, Local Culture, Local Wisdom, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembanga Daerah. 2007. Urang Banjar dan Kebudayaannya. Banjarmasin: Pustaka Banua

Daryanto. 2014.Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Yogyakarta : Gaya Media

Dinas Pemuda dan Olahraga. 2015. Materi Muatan Lokal Kebudayaan Banjar. Banjarmasin: Pustaka Banua

Jumiati, J. (2017). Penerapan Metode Karya Wisata pada Konsep Dasar IPA MI/SD Materi Perkembangbiakan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 19-27.

Kemmis, S. & McTaggart, R. (1997). The action research planner. Deaken University, Victoria.

Suryobroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Suwarna. 2006. Pengajaran Mikro. Jakarta : Tiara Wacana

Tajudin.2006.Jatidiri Puisi Rakyat Etnis Banjar di Kalsel. Banjarmasin:Rumah Pustaka Folklor Banjar

Trigan, Djago.1990. Proses Belajar Mengajar Pragmatik, Bandung: Angkasa

Utari, Unga. 2016. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Ekonomi Asean ( MEA). Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS. Vol. 1 No.1 April 2016, Issn 2503-1201

Wagiran, 2009. Pengembangan Model Pendidikan kearifan Lokal di wilayah DIY dan mendukung perwujudan Visi Pembangaunan DIY Menuju Tahun 2025, Yogyakarta: Setda Provinsi DIY.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mahmudah Mahmudah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.