PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING

Dyah Pramesti Fauzia(1*), Badarudin Badarudin(2), Supriatna Supriatna(3)

(1) PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(2) PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(3) PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis  dan sikap ilmiah peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis  dan sikap ilmiah peserta didik melalui model Inkuiri Terbimbing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing pertemuan satu rencana pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari tahapan  perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik Kelas VA SDN 1 Pajerukan yang berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas peserta didik, lembar observasi sikap ilmiah peserta didik serta lembar skala sikap ilmiah peserta didik. Hasil peningkatan yang terjadi dapat dilihat pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik pada tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan di kelas VA SDN 1 Pajerukan.

 

IMPROVING CRITICAL THINKING SKILLS AND SCIENTIFIC ATTITUDES OF STUDENTS THROUGH GUIDED-INQUIRY MODEL

 

Abstract: The background of this research is the low critical thinking skills and scientific attitudes of students. So that, this study aims to improve the Guided Inquiry model. This type of research is Classroom Action Research (CAR). This classroom action research is carried out in 2 (two) cycles, each cycle consisting of two meetings with each meeting of one lesson plan. This study consists of stages of planning, action, observation of critical thinking skills and scientific attitudes of students through reflection. The subjects of this study were 25th grade students of SDN 1 Pajerukan, consisting of 11 students consisting of 11 male students and 14 female students. The data collection tool uses tests of critical thinking skills, teacher activity sheets, student activity sheets, observation sheets, scientific attitudes of students, and scientific attitude scale sheets of students. The results of the improvements that occur can be seen in each cycle. The results of this study indicate that the use of modes can improve the critical thinking skills and scientific attitudes of students on the theme of 7 Events in Life in the VA class at SDN 1 Pajerukan. 


Keywords


Keterampilan Berpikir Kritis; Sikap Ilmiah; Model Inkuiri Terbimbing; Critical Thinking Skills; Scientific Attitudes; Guided Inquiry Model

Full Text:

PDF

References


Ariani, D. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Mahasiswa/I PGMI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 108-115.

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3, 1-10.

Haqul, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VA Sedolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4 (2), 196-206.

Haryadi, S., Djatmika, E. T., & Setyosari, P. (2016). Pembelajaran Tematik dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Malang. 2, 1-10.

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Inasyah, I. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar dengan Penerapan Model Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1 (2), 1-9.

Jumiati, J. (2017). Penerapan Metode Karya Wisata pada Konsep Dasar IPA MI/SD Materi Perkembangbiakan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 19-27.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurmala, S.D. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Se-Gugus 2 Purwasari dalam Membaca Pemahaman Melalui Model Fives dan Model Guided Reading. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 1 (2), 44-58.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyowati, D., Putri, S. U., & Sumiati, T. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 11 (1), 30-40.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tilaar, H. A. R., Paat, J. Ph., & Paat, L. (2011). Pendagogik Kritis.Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dyah Pramesti Fauzia, Badarudin Badarudin, Supriatna Supriatna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.