PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR
(1) Universitas Islam Riau
(2) Universitas Islam Riau
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 111–117. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291
Anggraini, D. L., Nurfaizah, S., Pandiangan, A. P. B., & Yulianti, M. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Arrohman, D. A., & Lestari, T. (2023). Analisis Keragaman Peserta Didik dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Fisika. Journal of Science and Education Research, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.29
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Tantangan dan Peran Dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. 15(1).
Astini, N. K. S. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Pada Era New Normal Covid-19 Dan Era Society 5.0. Lampuhyang, 13(1), 164–180. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298
Aufa, Yesa Dwi Khairani, Tri Fauziah Hasana, Fitri Ana Daulay, Nurul Fadilah Nst, & Azmi Oktari Harahap. (2024). Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka terhadap Pembelajaran di Kelas V A SDN 101765 Bandar Setia. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(3), 143–151. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3901
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Fadillah, H. (2023). Peran Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama pada Sekolah Binaan. Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1(1).
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1). http://dx.doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Febrianningsih, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3335–3344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4686
Hasmiati, H., Fawzani, N., & Muhlis, W. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 158–170. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i2.41555
Iryanto, N. D. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai Sistem Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1415
Izhar. (2019). Peranan Guru dan dalam Pembelajaran Berkarakter di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1).
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Khoirurrijal, K., Fadriati, F., Makrufi, A. D., Gandi, S., Suprapno, S., Muin, A., & Tajeri, T. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Literasi Nusantara Abadi Perumahan.
Nafiah, D. A., & Dafit, F. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 018 Sorek Satu. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3) https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.
Najwa, W. A., Slamet Widodo, M. Misbachul Huda, & Adhy Putri Rilianti. (2023). Kompetensi Guru dalam Menerapkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(1), 54–66. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7440
Rafael, S. P. (2022). Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional–Ki Hajar Dewantara.
Rahmawati, S., Astuti, D., & Fadriati, F. (2024). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3026–3038. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1212
Rawis, J. A. M., Lengkong, J. S. J., Hayun, S., Rompis, N., Omkarsba, H., & Takalumang, L. (2023). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri Unggulan I Kabupaten Pulau Morotai. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23). https://doi.org/10.5281/ZENODO.10431613
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi dalam Menjaga Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113
Safutri, R. I., & Ain, S. Q. (2024). Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas IV Di SDN 193 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 75–84. https://doi.org/10.31004/jpion.v3i1.221
Sahrandi, S., & Bahri, S. (2023). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(1), 100–108. https://doi.org/10.31571/sosial.v10i1.6712
Salu, Y., Tanggur, F. S., & Bulu, V. R. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di SD Negeri Oetona Kota Kupang. Spasi: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1).
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287
Sulistiani, I., & Nugraheni, N. (2023). Makna Guru sebagai Peranan Penting dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1261–1268. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222
Sulistriani, S., Santoso, J., & Oktaviani, S. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(2), 57–68. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i2.1517
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Supeni, S., & Sidauruk, V. A. (2019). Peran Guru dalam Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran Ppkn Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017-2018. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/10.33061/glcz.v6i2.2549
Taneo, S. P., Kota, M. K., & Mone, A. F. (2023). Peran Guru Sebagai Pembimbing Dan Motivator dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas III SDI Fatufeto 1 Kupang. Journal of Character and Elementary Education, 2(3). https://doi.org/10.35508/jocee.v2i3.13608
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v10i1.16633
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nur Amelia Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.