PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BERBASIS KONTEKS BUDAYA BANTEN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

Ida Rosihah, Aan Subhan Pamungkas

Abstract


Indonesia: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa scrapbook bagi siswa kelas III di Sekolah Dasar dan untuk mengetahui respon siswa kelas III setelah proses pembelajaran dengan menggunakan scrapbook. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan meliputi 3 tahap yaitu, tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (develop). Media pembelajaran Scrapbook ini dilakukan uji validasi ahli yang dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli media. Setelah dilakukan uji coba validasi oleh tim ahli, selanjutnya dilakukan uji coba produk dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas III A SD Negeri Banjar Agung 4, dengan jumlah responden sebanyak 19 siswa. Hasil uji ahli materi menunjukan bahwa media pembelajaran Scrapbook memperoleh nilai 95% masuk pada kriteria sangat layak. Hasil uji ahli bahasa menunjukan bahwa media pembelajaran Scrapbook memperoleh nilai 91% masuk pada kriteria sangat layak. Hasil uji ahli media menunjukan bahwa media pembelajaran Scrapbook memperoleh nilai 88,18% masuk pada kriteria sangat layak. Hasil uji coba produk yaitu untuk mengetahui respon siswa memeperoleh nilai sebesar 91,55% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Scrapbook berbasis konteks budaya banten yang dikembangkan pada peserta didik kelas III SD Negeri Banjar Agung 4 sangat layak digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada materi lingkungan alam dan buatan.

 Kata Kunci: Media Pembelajaran; Scrapbook; Budaya Banten; Ilmu Pengetahuan Sosial; Sekolah Dasar

 

THE DEVELOPMENT OF SCRAPBOOK LEARNING MEDIA BASED ON BANTEN CULTURE CONTEXT ON SOCIAL SCIENCE IN PRIMARY EDUCATION

 

English: This study aims to develop learning media in the form of scrapbook for third grade students in primary schools and their response to the media. This research method is development that includes the stages: define, design, and develop. To find out its feasibility, an expert on material, language and media is assessed. After validation, product testing was conducted with research subjects, namely class III students as many as 19 students. The expert test results show that the learning media of Scrapbook belongs to the very feasible category. The product test results aims to know student’s response obtained a score of 91.55% with a very good category. Based on the results of the study, it can be concluded that Scrapbook media based on the context of banten culture developed in third grade elementary school students is very feasible to be used in the learning of Social Sciences (IPS) on natural and artificial environmental material. 

Keywords: Learning Media; Scrapbook; Banten Culture; Social Science; Elementary School


References


Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hasan, Said Hamid. (2013). Pendidikan IPS dan Implementasi Kurikulum 2013 untuk Mewujudkan Generasi Emas. Seminar Nasional FIS Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Kemendikbud.

Maita Damayanti, U. Z. (2017). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3).

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127-135.

Sari, L. (2017). Pengembangan Media Scrapbook dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Tata Surya. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan

Syahriyanti, I., Imron, A., Basri, M., 2017 Pengaruh Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. FKIP Unila Jalan Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 01 Bandar Lampung. Tersedia: http:// jurnal.fkip.unila.ac.id (25 Oktober 2017)

Pramesti, J. (2015). Pengembangan Media Pop Up Book Tema Peristiwa untuk Kelas III SD Negeri Pakem 1. Skripsi Sarjana. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono. (2010) .Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Taufiqurokhman (2014). Banten Dari Masa Ke Masa. Biro Humas & Protokol Setda Prov. Banten Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta Pt Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ida Rosihah, Aan Subhan Pamungkas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.