PENGARUH KOMIK DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN DAYA BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universita Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, O., Willya, R., Luthfiyyah, A., Simbolon, P. C., Marini, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, I. (2023). Peran Media Pembelajaran Komik Digital untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3). https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i3.4518
Ahmaddien, I., & Syarkani, Y. (2019). Statistika Terapan dengan Sistem SPSS (E. Warsidi, Ed.; 1st ed.). ITB Press. www.itbpress.itb.ac.id
Ariyanti, E., & Bhakti, Y. B. (2020). Perbandingan Bentuk Tes Pilihan Ganda dan Teknik Penskoran Terhadap Reliabilitas Tes Mata Pelajaran Kimia. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 12(2), 66–76. https://doi.org/10.30599/jti.v12i2.627
Dwi Yasa, A., Delawanti Chrisyarani, D., & Kanjuruhan Malang Jl Supriadi, U. S. (2018). Pengaruh Media Komik Tematik terhadap Hasil belajar Siswa kelas V SD. Seminar Nasional Multidisiplin, 92–95. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/271
Fauziah, F., & Sandaya Karhab, R. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi SPSS Pada Mahasiswa. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 129–136. https://doi.org/https://doi.org/10.30650/jp.v1i2.266
Febiani Musyadad, V., Hanafiah, Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 2614–8854. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
Heru Prasetyo, A., & Adi Prasetyo, S. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/19332
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Literasi Digital pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Khomsah, A. F., & Imron, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kolaborasi Metode Questioning dan Media Kahoot. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 99–118. https://doi.org/0.55187/tarjpi.v5i1.3867
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Bioedusains :Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Nasution, S. I., Soedewi, S., & Resmadi, D. I. (2023). Perancangan Komik Mengenai Gangguan Kepribadian Ambang pada Remaja Akhir (16-24 Tahun) di Kota Bandung. EProceedings of Art & Design, 10(2), 2139. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/20074
Nova, R. E., & Marlina, S. (2022). Hubungan Pembiasaan Pemberian Sarapan dengan Konsentrasi Anak Usia 4-5 Tahun di Kenagarian Koto Kaciak Kabupaten Pasaman. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 17–30. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.763
Oktaviana, M., & Ramadhani, S. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1090
Palupi, E. (2019). Strategi Mengatasi Problem Belajar Pada Siswa Yang Berprestasi Rendah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 257–265. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2534
Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.21014
Ramadhani, A., Angkris Tambunan, M., Saragih, V. R., Sirait, J., & Sitanggang, M. R. (2022). Pengaruh Media Komik Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.47709/jbsi.v2i2.1870
Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid- 19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di MI/SD. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5
Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pancar, 2(1), 14–18. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/195/160
Samsudin, Dedi Irawan, M., & Hariandy Harahap, A. (2019). Mobile App Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate CC. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), 141–148. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/1009/900
Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05
Supratiknyo, P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2), 290–301.
William, & Hita. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. Jurnal Sifo Mikroskil, 20(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.55601/jsm.v20i1.650
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.12643
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rizkya Fitri Anisa, Atep Sujana, J. Julia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.