LESSON STUDY SEBAGAI PROGRAM PEMBINAAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Katrunnanda Katrunnanda(1*)

(1) Dinas Pendidikan Cabang Banjarmasin Utara, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan program lesson study sebagai program pembinaan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Sekolah. Latar penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Dasar Negeri yang bergabung dalam Gugus Sungai Miai, Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembinaan guru berbasis lesson study dilaksanakan melalui dua jenis kegiatan, yaitu: sosialisasi lesson study dan praktik program lesson study. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin dengan menghadirkan 32 orang guru Sekolah Dasar, Instruktur Lesson Study, dan Pengurus KKG. Lesson study dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu: 1) tahapan perencanaan (plan), dilakukan satu hari sebelum kegiatan pembelajaran untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan menyiapkan alat peraga secara kolaboratif, 2) pelaksanaan pembelajaran (do), dilakukan oleh guru model, sementara guru-guru lain bertugas untuk mengamati aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung, 3) refleksi (see), dilakukan melalui kegiatan pelaporan dan berdiskusi seputar aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Pembinaan guru Sekolah Dasar berbasis lesson study ini telah berdampak baik pada kompetensi dan sikap guru. Namun, jumlah guru dalam satu kelompok lesson study masih perlu dibatasi antara 3-6 orang agar program lesson study dapat berjalan dengan efektif.

Kata Kunci: lesson study, pembinaan guru, sekolah dasar, kurikulum 2013

 

LESSON STUDY AS A TEACHER TRAINING PROGRAM IN IMPLEMENTING CURRICULUM 2013 IN ELEMENTARY SCHOOL

Abstract: This paper aims to explain the implementation of lesson study program as a teacher training program in applying the curriculum 2013 in Elementary School. This research uses qualitative descriptive approach with school action reseach design. The background of this research is the teachers of State Elementary School who joined in Sungai Miai Cluster, Banjarmasin. The results showed that teacher training model based lesson study is implemented through two types of activities, namely: socialization of lesson study and lesson study program practice. The socialization was done at SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin. The event was attended by 32 elementary school teachers, Lesson Study Instructors, and Teacher Work Group. Lesson study activities through three stages, namely: 1) planning stage was done one day before the learning activities to make the learning implementation plan and prepare the props collaboratively, 2) the implementation of learning (do) was done by the teacher model, while other teachers are on duty to observe student activities during the lesson, 3) reflection (see) was conducted through reporting activities and discuss about student activities during the learning process. The development of elementary school teachers based on lesson study has a good impact on the competence and attitude of teachers. However, the number of teachers in a lesson study group needs to be limited between 3-6 people so that the lesson study program can run effectively.

Keywords: lesson study, teacher training, elementary school, curriculum 2013


Keywords


lesson study; pembinaan guru; sekolah dasar; kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2014). Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan, 8(2), 98–108.

Ali Mahmudi. (2009). Mengembangkan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study. Jurnal Forum Kependidikan, 28, 84–89.

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 364–370). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ariani, D. N., & Batubara, H. H. (2017). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dengan Strategi Heuristik Krulik dan Rudnik terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar INFORMASI ARTIKEL. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 41–51.

Cresswell, J. W. (2014). Research Design qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. United Kingdom: Sage Publication.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2016). 7 Provinsi Raih Nilai Terbaik Uji Kompetensi Guru 2015. Retrieved April 14, 2018, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/01/7-provinsi-raih-nilai-terbaik-uji-kompetensi-guru-2015

Menteri Pendidikan Nasional RI. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru, BSNP § (2007).

Nurhamidah, S., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2014). Upaya Peningkatan Pengelolaan Proses Pembelajaran Melalui Pendampingan Pada Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Guru–Guru Kelas I Dan Kelas Iv Sd Di Kecamatan Denpasar Barat. Tesis, Singaraja: Prodi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pen. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–11.

Riyati, S. (2007). Sistem Pembinaan Profesional Guru Pendidikan IPA Melalui Lesson Study. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sinambela, P. N. J. M. (2013). Kurikulum 2013 dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2), 17–29.

Subadi, T., & Narimo, S. (2018). Model Pembinaan Guru Ips Berbasis Lesson Study Dalam Implenatasi Kurikulum Nasional di SD Muhammadiyah Kartasura. In Proceeding of The URECOL (pp. 157–164).

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12.

Tedjawati, J. M. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study: Kasus di Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 480–489.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i2.1217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Katrunnanda Katrunnanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.