PERSEPSI MAHASISWA PGMI TERHADAP MATA KULIAH PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SD/MI

Khairunnisa Khairunnisa

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) mendalami persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD/MI menyangkut materi perkuliahan, kompetensi dosen yang mencakup kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial; (2) mengungkap harapan-harapan mahasiswa terhadap mata kuliah tersebut. Angket diberikan kepada 30 orang mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD/MI. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa menurut persepsi mahasiswa konstruksi materi  telah sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan mereka meskipun ada beberapa materi yang cukup sulit untuk dipahami. Kompetensi dosen pengampu mata kuliah berada pada kriterium yang kuat yakni 80,64% artinya dosen pengampu mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesi SD/MI sudah memenuhi kriteria profesional di bidangnya. Namun tetap harus ada perbaikan atau peningkatan pada beberapa aspek.

Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa, Bahasa dan Sastra Indonesia, PGMI

 

PGMI STUDENTS’ PERCEPTION ON PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SD/MI COURSE

Abstract: The aims of this research are (1) explore students’ perceptions on Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD/MI course regarding learning material, lecturer competence includes pedagogic, professional, personality, and social; (2) reveal student expectations against the subject. Questionnaire is given to 30 students who have learned Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD/MI subject. According to the result and discussion, the students were of view that construction materials are in accordance with the needs and useful for improving their skills even though some materials are quite difficult to understand. The competence of lecturer is on strong criteria that is 80,64% it means that the lecturer of Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesi SD/MI subject already eligible professionals. But, there must be improvement or development on some aspects.

Keyword: Students’ perception, Language and Indonesian Literature, PGMI


Keywords


Persepsi Mahasiswa; Bahasa dan Sastra Indonesia; PGMI

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Jameel. (2012). “English Language Teaching (ELT) and Integration of Media Technology” dalam Procedia - Social and Behavioral Sciences 47 ( 2012 ) 924 – 929. https://core.ac.uk/download/pdf/81950198.pdf diunduh 3 April 2018.

Ali, Muhammad. (2007). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fauzi, Ahmad. (2004). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka setia, Cet. III.

Kusnandar. (2011). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Cet.11. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Mulyaningsih, Indrya. (tt). Pembelajaran Berbasis Riset pada Mata Kuliah ‘Teori Belajar Bahasa’ di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Syekh Nurjati. https://zenodo.org/record/439684/files/Dr. Indrya Mulyaningsih, M.Pd..pdf diunduh 3 April 2018.

Rahmat, Jalaluddin. (1990). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rofi'ah, S. (2017). Persepsi Pendidik PAI tentang Pembelajaran Multikultural di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 28-40.

Rohani, Ahmad. (2010). Pengelolaan Pengajaran: Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta.

Sarwono, Sarlito W. (2013). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Thoifah, I’anatut. (2015). Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.

Zukhaira dan Singgih Kuswardono. (2010). Persepsi dan Harapan Mahasiswa dan Dosen Terhadap Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/issue/view/108 diunduh 2 April 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i2.1216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Khairunnisa Khairunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                  

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.