PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PESAWAT SEDERHANA (PROBALPENA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01

Norhayati Endah Permatasari(1*), Henny Dewi Koeswati(2), Sri Giarti(3)

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana
(3) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Media Pesawat Sederhana (Probalpena) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ASSURE yang terdiri dari yaitu: 1) Menganalisis Pembelajar, 2) Menyatakan Standar dan Tujuan, 3) Memilih Strategi, Teknologi, Media, dan Materi, 4) Menggunakan Teknologi, Media, dan Material, 5) Mengharuskan Partisipasi Pembelajar, 6) Mengevaluasi dan Merevisi. Penelitian ini menghasikan produk yaitu desain pembelajaran berisi (silabus dan RPP) dan media Pesawat Sederhana (PENA). Hasil validasi pakar desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 83,75% dengan kategori “Sangat Tinggi”, selanjutnya hasil validasi pakar media diperoleh hasil persentase sebesar 82% dengan kategori “Sangat Tinggi”. Kemudian hasil pretest dan posttest mengalami kenaikan yaitu dari nilai rata-rata pretest 83,14 menjadi 92,41 untuk rata-rata posttest. Berdasarkan hasil respon guru diperoleh persetase sebesar 87,5% dengan kategori “Sangat Baik” dan tingkat keterimaan siswa sebesar 91,6% dengan kategori “Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Probalpena yang dikembangkan dalam penelitian ini layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Pesawat Sederhana, Hasil Belajar, IPA, Sekolah Dasar

 

DEVELOPMENT OF LEARNING MODEL PROBLEM BASED LEARNING AND SIMPLE AIRCRAFT (PROBALPENA) TO IMPROVE SCIENCE  LEARNING OUTCOMES IN V GRADE SDN KARANGANYAR 01

 

Abstract: This study aims to develop a model of Problem Based Learning Learning and Simple Aircraft Media (Probalpena) to improve the learning outcomes of science students of grade V SD. This research uses the type of research development or (Research & Development). The development model used is the ASSURE development model which consists of: 1. Analyzing the learner, 2. Stating the Standards and Objectives, 3. Choosing Strategy, Technology, Media and Material, 4. Using Technology, Media, and Materials, 5. Requiring Need learner participation, 6. Evaluating and revising. This research produces a product that contains learning design (syllabus and RPP) and Simple Aircraft media (PENA). The results of the validation of the design of learning experts obtained a percentage of 83.75% with the category "Very High", then the results of media expert validation obtained by the percentage of 82% with the category "Very High". Then the result of pretest and posttest increase from the average value of pretest 83,14 to 92,41 for posttest average. Based on the results of teacher responses obtained 87.5% percentage with the category of "Very Good" and student acceptance level equal to 91.6% with the category "Good". So it can be concluded that the learning model Probalpena developed in this study is feasible to use.

Keywords: Problem Based Learning, Simple Aircraft Media, Learning Achievement, Science, Elementary School

Keywords


Problem Based Learning; Media Pesawat Sederhana; Hasil Belajar; IPA; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Arda, Saehana, S., & Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Siswa SMP Kelas VIII. E-journal Mitra Sains, 3 (1), 69-77.

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Depdiknas. (2009). Rambu-rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP. Jakarta: Dirjen PMPTK Depdiknas.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogot: Ghalia Indonesia.

Mawardi. (2014). Model Desain Pembelajaran Konsep Dasar PKn Bebrbasis Belajar Mandiri Menggunakan Model. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.

Purnaningrum, A., Dwiastuti, S., Probosari, R. M., & Noviawati. (2012). 2012 Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Baes Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 4 (3), 39-51.

Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.

Saputra, W., & Purnama, B. E. (2012). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Journal Speed, 4 (2), 60-67.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PPT.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sutrisno, L. (2007). Pengembangan Pembejaran IPA SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i2.1215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Norhayati Endah Permatasari, Henny Dewi Koeswati, Sri Giarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.